SIMALUNGUN, Kawasan Danau Toba, persisnya di Kabupaten Simalungun menjadi salah satu rute yang akan dilewati Api Obor Asian Games 2018.

 

Kepala Bagian Informatika dan Komunikasi Pemerintah Kabupaten Simalungun, Akmal Siregar pada Sabtu (28/7/2018) malam, menyebut, tim pembawa Api Obor Asian Games 2018 akan tiba di Parapat, Kabupaten Simalungun pada 31 Juli 2018 malam.

 

Selanjutnya tim akan istirahat sebelum kemudian melanjutkan sejumlah kegiatan yang sudah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Simalungun pada 1 Agustus 2018.

 

“Tim pembawa Api Obor Asian Games tiba 31 Juli 2018 malam. Kami akan sambut di Pesanggrahan Soekarno, Parapat. Kegiatan malam itu hanya penyambutan api dan tim istirahat,” jelas Akmal.

 

Kemudian keesokan harinya, ungkap Akmal, dilakukanlah prosesi kirab sejak pukul 07.00 WIB, di mana Api Obor Asian Games 2018 diarak dimulai dari Pesanggrahan Soekarno menuju Pantai Atsari untuk kemudian akan diarak melintasi perairan Danau Toba menuju Hotel Patra Jasa Parapat.

 

“Dari bawah (Hotel Patra Jasa di tepi Danau Toba) Api Obor Asian Games diarak menuju Pantai Bebas Parapat,” lanjut Akmal.

 

Finish pengarakan Api Obor Asian Games 2018 berada di Pantai Bebas. Di sana nantinya tim pembawa api bakal disambut dengan kearifan lokal dan tarian daerah dari Simalungun.

 

“Akan ada pagelaran Tortor Sombah dari etnis Simalungun menyambut tim pembawa Api Obor Asian Games di Pantai Bebas,” tukas Akmal.

 

Selepas dari Pantai Bebas Parapat, tim pembawa Api Obor Asian Games 2018 akan menuju Bandara Silangit.

 

(Kompas TV) PenulisKontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe Edito rAprillia Ika Tag: Danau Toba Asian Games Simalungun Sumut Api Obor Asian Games 2018