Indonesia mempunyai pariwisata yang tidak kalah elok dan memikat dibandingkan negara-negara lain. Beragam kekayaan alam dan budaya Indonesia seakan menjadi nilai tambah yang dapat menarik perhatian banyak orang, tidak terkecuali wisatawan asing. Indonesia pun patut berbangga, bahwa Candi Borobudur pernah masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia yang masih lestari saat ini.

Bukan hanya Borobudur, Indonesia masih mempunyai tempat wisata lain yang tak kalah bersejarah dan mempunyai pemandangan yang indah. Salah satunya adalah wisata Danau Toba yang terdapat di Sumatera Utara. Danau Toba merupakan danau alami berukuran besar yang berada di kaldera Gunung Supervulkan.

Konon, Danau Toba adalah lokasi letusan gunung berapi super massif sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu. Dari segi tradisi dan budaya, terbentuknya Danau Toba ini disertai dengan cerita legenda Pulau Samosir yang cukup terkenal. Tidak heran, cerita legenda ini membuat banyak orang penasaran dan tertarik mengunjungi objek wisata ini.

Ternyata sekitar wisata Danau Toba juga terdapat tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda yang mempunyai rencana berkunjung ke wisata Danau Toba bisa mencoba beberapa lokasi berikut. Dilansir dari Liputan6.com, berikut merdeka.com rangkum wisata Danau Toba yang wajib dikunjungi.

Pulau Samosir

samosir

2019 Merdeka.com

Lokasi sekitar wisata danau tiba yang bisa dikunjungi pertama tidak lain adalah Pulau Samosir. Pulau ini terletak di tengah-tengah Danau Toba. Dengan mengunjungi pulai ini, Anda bisa menikmati pemandangan Danau Toba dari berbagai sisi. Hijaunya pegunungan ditambah warna biru air danau bisa dinikmati selama berada di pulau ini.

Saat ini sudah banyak paket wisata yang menawarkan kunjungan Pulau Samosir. Bukan hanya menawarkan keindahan Danau Toba, berbagai paket wisata juga menyediakan pesona budaya masyarakat Batak yang begitu kental. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan wisata alam yang menawan sekaligus belajar berbagai budaya dan tradisi Batak dalam waktu yang bersamaan.

Parapat

Lokasi sekitar wisata Danau Toba yang tidak kalah menarik adalah Parapat. Parapat ini adalah sebuah kota yang akan Anda lewati sepanjang perjalanan menuju wisata Danau Toba. Selama perjalanan, Anda bisa melihat monyet-monyet yang bebas berkeliaran di tempat ini. Dengan hewan-hewan ini, Anda bisa memberi makan atau sekedar mengabadikan foto bersama monyet-monyet lucu.

Pulau Sibandang

Ketiga, lokasi sekitar wisata Danau Toba yang bisa dikunjungi adalah Pulau Sibandang. Tak jauh berbeda dengan Pulau Samosir, Pulau Sibandang yang berada di kecamatan Muara Tapanuli Utara ini dikelilingi oleh Danau Toba.

Di sini juga bisa menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai penjuru. Bahkan dikatakan, pulau yang satu ini menjadi kunjungan wajib ketika berwisata ke Danau Toba. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menyewa kapal yang banyak disewakan oleh penduduk sekitar.

Togging

Togging juga tak kalah memikat. Dengan mengunjungi Desa Togging bagian utara Danau Toba, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah Danau Toba dari ketinggian 900 mdpl. Pada ketinggian ini, suasana alam bisa terlihat lebih jelas ditemani dengan udara sejuk yang semakin membuat nyaman.

Di Desa ini juga terdapat Air Terjun Sipiso-piso yang menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Tentu saja, objek air terjun ini menjadi rekomendasi menarik ketika mengunjungi Desa Togging.

Skip to toolbar