Danau Toba merupakan tempat wisata paling terkenal di Sumatera Utara sebagai danau terbesar dan terindah. Danau ini juga memiliki beberapa pulau dan desa. Pulau terbesar adalah Samosir dan memiliki danau kecil yang terletak di Kecamatan Pangururan. Namanya adalah Aek Natonang. Masyarakat setempat sering menyebutnya Danau Sidihoni.  Saat ini belum banyak fasilitas di dekatnya. Padahal, jika banyak fasilitas tersedia  Anda bisa menikmati keindahan alam dengan sempurna. Karena tidak ada restoran lokal, Anda harus membawa beberapa makanan ringan dan minuman botol.

Lihat lokasi Danau Aek Natonang klik disini!

Aek Natonang

Pemandangan Alam di Danau Sidihoni

Wisata Alam di Danau Aek Natonang

Danau ini merupakan bagian dari Kaldera Toba. Ukuran Aek Natonang sekitar 105 ha. Keberadaan danai ini memiliki banyak manfaat bagi penduduk lokal dan pengunjung. Salah satu fungsi yang penting, danau itu menjadi sumber air. Orang menggunakannya untuk irigasi. Selain itu ada banyak peternakan yang terletak di dekat danau ini. Airnya bisa mencapai sekitar 1.790 ha. Selain itu, danau ini juga menjadi pusat wisata alam. Orang menyebutnya danau di atas danau. Yang lainnya menyebutnya putri Danau Toba.

Begitu tiba di Danau Aek Natonang, Anda bisa merasakan suasana alam yang menyegarkan dan suasana yang tenang. Danau ini memiliki air yang jernih dan pemandangan berumput. Anda juga bisa melihat indahnya bukit dan pohon pinus disekitarnya. Di beberapa bagian danau, Anda bisa menyaksikan penduduk desa yang aktif. Mereka berasal dari Desa Tanjungan. Kebanyakan dari mereka adalah petani sehingga Anda bisa mengamati rutinitas harian mereka di pertanian. Selain itu, Anda mungkin mengharapkan beberapa fotografer dan pecinta alam selama liburan. Sama seperti Anda, mereka adalah pengunjung.

Lihat lokasi Danau Aek Natonang klik disini!

Satu-satunya penghalang ke Danau Aek Natonang adalah aksesibilitasnya. Jangan khawatir. Kelemahan ini tercbayar dalam perjalanan yang indah. Tidak banyak akomodasi dan fasilitas. Anda sebaiknya tidak mengharapkan kemewahan di sini. Lokasi ini cocok untuk pecinta alam. Karena itu, Anda harus membawa kamera yang bagus. Jika Anda beruntung, beberapa kerbau datang ke sini untuk merumput. Seorang gembala sering membawa kerbau mereka ke danau juga.

Aek Natonang memang sangat memikat di Pangururan. Padahal, Anda bisa menjelajahi pesona terdekat juga. Misalnya, ada Aek Rangat. Ini adalah air panas umum. Anda bisa merasakan air hangat dan mengembalikan stamina Anda di sini. Lokasinya sekitar 3 km dari Kota Pangururan. Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi Terusan Tano Ponggol. Ini memisahkan Pulau Sumatra dan Samosir. Sebenarnya masih berfungsi. Daya tarik unik lainnya adalah Liberty Malau Statue. Patung terkenal ini dibangun untuk memperingati perjuangan pahlawan lokal selama revolusi.

Bagaimana cara menuju ke sana
Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan. Butuh waktu 30 menit dari Tomok. Jika Anda datang dari Medan, perjalanan memakan waktu sekitar 6-7 jam. Jaraknya sekitar 200 km. Anda bisa mengaksesnya menggunakan mobil, sepeda motor, atau jenis kendaraan lainnya. Jalannya tidak mulus karena Anda bisa menemukan banyak belokan dan lift. Anda bisa menyaksikan banyak pepohonan dan peternakan selama perjalanan. Sedangkan untuk hotel, yang terdekat adalah Toba Beach Hotel. Terletak di dekat Kebun Raya Samosir.

Lihat lokasi Danau Aek Natonang klik disini!