Air Terjun Tertinggi Di Indonesia

Air Terjun adalah gejala alam yang sangat menarik sehingga seringkali menjadi obyek wisata. Indonesia memiliki banyak sekali air terjun yang tersebar di berbagai pulau. Berikut adalah beberapa air terjun yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia.

Yang pertama adalah Air Terjun Sigura – gura. Air terjun ini terletak di Kabupaten Toba Samosir, sekitar 250 kilometer dari Kota Medan, airnya berasal dari Sungai Asahan yang bersumber dari Danau Toba. Air terjun ini memiliki ketinggian 250 meter dan apabila dari kejauhan tampak ukurannya yang raksasa. Di sekitar lokasi air terjun ini terdapat bendungan Sigura – gura, dan ada juga lokasi arung jeram. Beberapa ajang arung jeram tingkat nasional dan internasional beberapa kali pernah diadakan di sini. Oh yah, Travelholic juga bisa berkemah di sekitar lokasi air terjun loh.

Air terjun tertinggi kedua adalah Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak di Kecamatan Lumbang, Probolinggo dan merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun yang memiliki ketinggian 200 meter ini dikelilingi oleh tembok – tembok bukit dengan diameter 70 meter sehingga tampak seperti tabung. Air terjun ini menurut sebagian orang yang percaya adalah tempat tinggal terakhirnya Patih Gajah Mada.

Yang ketiga adalah Air Terjun Payakumbuh. Lokasinya berada di Ngarai Harau, 35 km dari Bukittinggi, air terjun ini memiliki ketinggian 150 meter. Air terjun ini memiliki 7 titik air terjun yang mengalir dari celah – celah tebing. Setiap air terjun hanya berjarak beberapa ratus meter jadi bisa sambil jalan kaki nih. Di sekitar lokasi air terjun utama terdapat kebun binatang dan taman bermain loh.

Yang keempat air terjun tertinggi adalah Air Terjun Sipiso piso. Air terjun ini berada di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Air Terjun Sipiso-piso airnya bukan dari aliran sungai atau sejenisnya, melainkan dari sungai bawah tanah di plato Karo yang mengalir melalui sebuah goa disisi kawah danau Toba. Air terjun ini tidak begitu besar namun alirannya sangat deras.

Dan yang kelima adalah Air Terjun Jarakan. Air terjun ini tepatnya berada di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, air terjun ini memiliki ketinggian 115 meter.

Itulah beberapa air terjun yang menjadi air terjun tertinggi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *