Andaliman Bumbu Khas Batak

Apakah andaliman itu? Kemungkinan banyak orang tidak mengenal bumbu masakan yang sangat diandalkan masakan khas Batak.Beragam masakan khas Batak bisa kita jumpai mulai dari Arsik Ikan Mas, Naniura, Saksang, Nanitombur tidak lepas dari andaliman.

Bentuknya bulat kecil-kecil sebesar buah lada dalam satu tangkai berkelompok banyak. Dalam bahasa latin bumbu ini dikenal sebagai  zanthoxylum acanthopodium, bumbu tersebut adalah termasuk sejenis bunga-bungaan dalam falily citrus. Umumnya yang dipergunakan adalah bagian kulitnya. Secara umum masyarakat di Asia Tmur dan Selatan dan sering disebut dengan szechuan pepper. Di daerah Toba bumbu ini sering juga disebut dengan Merica Batak.

Bumbu yang mempunyai nama latin zanthoxylum acanthopodium adalah jenis bunga-bungaan di dalam keluarga citrus. Tumbuhan yang digunakan kulitnya ini juga ditemukan di banyak masakan di Asia Timur dan Selatan. Mereka sering menyebut sebagai szechuan peper. Di Sumatera Utara dikenal dengan sebutan “Merica Batak”.

Andaliman telah menjadi ikon masakan khas Batak karena menjadi bumbu pelengkap di banyak jenis masakan khas seperti arsik, naniura, saksang, nanitombur.  Bumbu ini memberikan citra rasa yang khas pada makanan. Rasanya khas memberikan sensasi pada saat menikmati hidangan dengan bumbu andaliman. Buat yang penasaran silahkan mencoba kedahsyatan bumbu khas Batak ini.

Mari mencoba! Horas…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *