Pengalaman kuliner Bali

Berwisata ke Bali akan mendapatkan pengalaman kuliner yang dipenuhi dengan peslna pedesaan dan kehangatn khas Bali. Bersantap di pondok bambu di pinggir desa yang sejuk udaranya ditemani aroma minyak kelapa dan wangi pohon kamboja yangbmeemenuhi ruangan.

Ayam betutu adalah salah satu masakan bali yang biasanya diolah di dapur sederhana dengan campuran berbagai bumbu, berlapis-lapis jahe dan daun-daunan, biji-bijian dalam setiap masakan. Masakan ayam betutu hamlir selalubada di setiap warung di Bali, masakan ini ini merupakan masakah sederhana khas Bali. Ayam betutu biasanya berupa satu ekor ayam yang utuh yang dimasak dengan bumbu-bumbu secara perlahan sampai lunak. Bumbu yanh digunakan adalah numbu khas Bali yang memberi aroma khas.

Khasnya aroma ayam betutu didapat dari perpaduan dari bumbu-bumbu yang aromanya menjadi wangi dengan digoreng dalam minyak kelapa segar yang dipanaskan.perpaduan jahe, kunyit, lengkus dan kencur diaduk dengan bawang merah, bawang putih, biji ketmbar, kemiri, daun jeruk, gula aren dan asam ditambahbdengan sedikit terasi. Seluruh bumbu tersebut dipotong-potong menggunakan pisau bukan digiling dengan gilingan. Cara ini yang membedakan dengan penyiapan bumbu masakan lain.

Keseluruhan bumbu dicampur dalam gorengan minyak kelapa segar yang sudah dipanaskan lalu ditambahkan kaldu dan pewangi setelah sedikit mendidih ditambahkan ayam menjafi sebuah perpaduan yang memiliki rasa campuran rasa manis, asam, asin, pedas, pahit dan sangit dari lembutnya daging ayam kampung yang dimasak perlahan hingga warna kaldunya seperti keemasan.

Setelah matang ayam betutu siap dihidang dengan nasi panas akan terasa nikmat. Mau mencoba masakan khas Bali ini? Jangan lupa menikmatinya saat Anda berlibur di Bali.

Bahan Masakan Ayam Betutu

Ayam kampung utuh 1 ekor

Serai 2 batang ( ambil bagian putihnya , lalu memarkan )

Daun salam 2 lembar

Bumbu Halus Ayam Betutu Bali :

Bawang merah 100 gram

Bawang putih 6 siung

Jahe 4 centi meter

Kunyit 4 centi meter ( dibakar )

Cabai merah 15 buah  dibuang bijinya

Lengkuas 4 centi meter

Serai 2 batang ( ambil bagian putihnya saja )

Ketumbar bubuk 1 sendok teh

Kemiri 4 butir ( di goreng atau sangrai )

Merica hitam 1/2 sendok teh

Daun jeruk purut 4 lembar

Minyak 80 mili liter  untuk menumis

Garam 2 sedok teh