Ayam Napinadar atau Manuk Napinadar merupakan makanan khas Batak yang biasanya dihidang dalam pesta ada tertentu. Masakan ini merupakan makanan pilihan bagi masyarakat batak karena memiliki rasa yang nikmat dan istimewa. Keistimewaan masakan ini timbul dari cara pembuatannya yang cukup berbeda dari cara mengolah daging ayam menjadi masakan yang pada umumnya.

 

Biasanya untuk menyiapkan masakan manuk napinadar ini juru masak harus menyembelih sendiri ayam yang masih hidup untuk mendapatkan darahnya. Sesaat setelah disembelih darah ayam tersebut langsung ditetesi dengan air asam agar tidak menggumpal. Untuk apa darah ayamnya ditampung? Ya, masakan ini memang dicampur dengan darah ayam tersebut untuk membuat bumbunya.

 

Ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong dipanggang dengan bara arang untuk mendapatkan hasil panggangan yang bagus. Sementera untuk bumbu terdiri dari serai, lengkuas, jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, kemiri semuanya disangrai, ditambah bumbu yang tidak disangrai adalah cabe rawit dan andaliman serta garam. Seluruh bumbu yang sudah siap digiling dan dihaluskan, kemudian ditumis dengan minyak setelah wangi darah ayam yang tadi disiapkan dicampurkan ke dalam tumisan bumbu tersebut. Kemudian ditambahkan garam yang cukup.

 

Setelah matang akan didapatkan saos spesial yang kemudian dituang ke atas daging ayam yang sudah selesai dipanggang. Dan masakan ayam napinadar siap untuk dihidang dan Anda nikmati, bagi yang suka dengan rasa yang pedas tinggal menambahkan cabe rawit yang lebih banyak. Yang membuat rasanya istimewa adalah bumbu andaliman yang menjadi bumbu dasar dalam membuat saos napinadar ini, merupakan bumbu khas yang dipakai hampir dalam setiap masakan khas Batak, seperti arsik ikan mas, dekke naniura, natinombur, dan lain-lain.

 

Masakan Manuk Napinadar disukai oleh kebanyak orang batak karena rasanya yang nikmat, namun ada juga yang tidak mau memakannya karena bumbunya yang dicampur dengan darah ayam dalam bahasa Batak disebut namargota, karena tidak semua orang Batak mau memakan darah, walau darahnya sudah dimasak. Karena ada yang menganggap memakan darah tidak dihalalkan.

 

Makan napinadar di restoran napidadar Palipi lihat disini lokasinya.

 

Namun bagi yang tidak mempunyai halangan mengenai makan darah masakan ini pasti akan diserbu karena rasanya yang nikmat dan mantaf….., selamat mencoba. Horas.