Babi Panggang merupakan makanan favorit orang Batak, kebanyakan orang batak menyukainya baik dari Toba, Karo, Mandaliling, Pakpak dan Simalungun. Rasanya memang lezat dan nikmat apalagi dimakan bersama sambal dengam bumbu andaliman. Rasanya maknyus. Jenis masakan ini mudah dijumpai di lapo-lapo yang tersebar di Kawasan Danau Toba.

 

Babi Panggang KaroResep yang terkenal adalah masakan Babi Panggang Karo (BPK) dihidang berupa daging babi yang dipanggang dalam potongan tipis bersama saus khas yang dibuat dari tumisan bumbu yang dicampur darah babi dan dicampur dengan cabe rawit yang digiling dengan rempah khas Batak yakni Andaliman.

 

Proses pembuatan masakan babi panggang ini cukup mudah dibuat dimana daging babi yang dipotong kecil disiram merata dengan perasan jeruk nipis dan diaduk dulu dengan daun serai dan bawang putih yang dihaluskan dan diberi kecap. Setelah dibiarkan sekitar lima menit daging tersebut dipanggang di atas bara, disarankan menggunakan arang agar aroma panggangnya lebih wangi.

 

Untuk membuat saosnya yang disebut dengan gota, dibuat dari beragam bahan rempah dicampur dengan darah babi. Rempah-rempah yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, andaliman, daun jeruk purut digiling halus dan diberi garam, kemudian ditumis hingga wangi lalu ditambahkan perasan asam patikala dan darah babi, dan dibiarkan matang di atas tunggu. Setelah matang bumbu gota ini siap disajikan sebagai saos Babi Panggang Karo.

 

Babi Panggang bisanya disajikan dengan cabe rawit yang sudah diulek dan ditambahkan andaliman. Rasa pedasnya sangat berbeda dan sangat khas. Biasanya sebagai sayurannya yang bisa menjadi pendamping santapan babi panggan adalah daun ubi tumbuk. Daun Ubi Tumbuk menjadi sayur favorite yang sering ada rumah makan Batak. Untuk membuatnya tidak terlalu susah, daun ubi ditumbuk dicampur dengan cabe, bawang merah dan bawah putih dan jangan lupa buah rimbang. Buah rimbang ini menjadi ciri khas daun ubi di daerah Batak.

 

Karena jika dimasak rasanya jauh lebih enak dibanding dimakan mentah. Ditumbuk bersamaan dan bisa menambahkan 1-2 batang serai. Semua bahan direbus dan setelah hampir matang ditambahkan dengan dengan santan dari perasan kelapa. Hm…semakin menambah selera makan.

 

 

 

Untuk Babi Panggang Karo sayurannya hampir mirip dengan daun ubi tumbuk, daun ubi jantung pisang ditambah dengan potongan jantung pisang yang diiris kecil-kecil, dan kelapa parut. Cara membuatnya adalah dengan menumis semua bumbu  kemudian memasukkan bumbu utama daun ubi, jantung pisang dan kelapa parut dengan menambahkan sedikit air dan garam. Ditumis sampai benar-benar matang.

 

 

 

Jadi lapar nih. Buat yang ingin menikmati masakan babi panggang bisa mendapatkannya di lapo-lapo yang ada di kawasan Wisata Danau Toba. Nikmati rasanya yang gurih daging panggang dan pedasnya sambal andaliman khas batak.