5 Tips Merencanakan Perjalanan Wisata Ke Danau Toba

Bagi Anda yang akan berlibur ke Danau Toba atau dalam peejalanan dinas di kawasan ini sebaiknya merencanakan perjalanan Anda berwisata ke Danau Toba dengan baik agar perjalanan Anda atau kegiatan wisata yang dilakukan berjalan dengan nyaman dan menyenangkan. Ada beberapa tips yang kami sarankan Anda ikuti saat merencanakan liburan Anda di Kawasan Danau Toba.

Danau Toba merupakan sebuah kawasan wisata yang mencakup daerah yang sangat luas, dimana ukuran danau ini mencapai sekitar 30 x 60 km. Dan obyek wisata yang sangat menarik tersebar di kawasan daerah yang mengelilingi danau dan ada juga di pulau Samosir. Agar perjalanan wisata Anda lebih menyenangkan maka perlu Anda buat rencana perjalanan yang baik. Untuk membuat rencana wisata Danau Toba yang sesuai dengan yang Anda inginkan ada beberapa tips yang akan kami beritahukan kepada Anda.

5 Tips merencanakan perjalanan wisata di Kawasan Danau Toba.

 1. Kenali destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi dan lihat

Kawasan Danau Toba memiliki banyak obyek wisata yang sangat menarik dalam berbagai bentuk obyek wisata seperti wisata alam, wisata budaya, wisata rohani, wisata kuliner dan lainnya. Sebaiknya anda cari informasi mengenai tempat yang menarik yang ingin Anda kunjungi dan mengetahui lokasinya. Untuk mengetahui lokasi tempat-tempat wisata anda bisa mencarinya di dalam situs Toba Connect dengan mengklik tombol Destinasi. Anda bisa dapatkan lokasi destinasi yang Anda inginkan dan mengetahui informasi mengenai tempat-tempat tersebut. Dengan mengetahui lokasi destinasi yang ingin Anda kunjungi maka Anda bisa mengatur jadwal perjalanan Anda lebih baik.

2. Ketahui informasi akomodasi yang sesuai dengan keinginan Anda

Mengetahui informasi akomodasi yang Anda perlukan selama perjalanan wisata akan membantu Anda merencanakan dan memilih akomodasi yang sesuai dengan keinginan dan anggaran Anda. Anda bisa mengetahui informasi lokasi hotel dan homestay yang ada di Kawasan Danau Toba. Carilah hotel atau homestay yang terdekat dengan destinasi wisata yang ingin Anda kunjungi dan Anda bisa memilih sesuai dengan pilihan Anda. Untuk mengetahui informasi mengetahui mengenai hotel dan homestay bisa Anda cari di situs Toba Connect.

3. Ketahui tentang lokasi restoran atau rumah makan yang ada di sekitar tujuan wisata Anda.

Dalam perjalanan wisata khususnya di kawasan Danau Toba, para turis tentunya tidak akan melewatkan pengalaman mencicipi dan menikmati berbagai jenis masakan lokal yang memiliki citra rasa yang khas dan unik. Apalagi saat berwisata tentunya Anda akan dengan cepat merasa kelaparan karena berkeliling ke menjelajah obyek wisata yang didatangi sampai puas. Tentu pengalama perjalanan wisata akan semakin tidak terlupakan jika Anda bisa menikmati makanan-makanan yang enak selama berwisata. Di situs Toba Connect, anda bisa mencari informasi lokasi rumah makan dan restoran serta cafe yang ada di kawasan Danau Toba, sehingga Anda bisa memilih tempat makan yang sesuai dengan selera Anda. Dengan mengetahui informasi ini Anda akan lebih mudah menyesuaikan pilihan tempat makan dengan jadwal perjalanan Anda.

4. Ketahui jenis transportasi yang akan digunakan

Anda bisa menuju kawasan Danau Toba lewat bandara Kualanamu di Deliserdang maupun Bandara Sisingamangaraja XII di Silangit jika menempuh perjalanan lewat udara. Untuk meneruskan perjalanan menuju destinasi wisata sebaiknya Anda ketahui berbagai jenis alat trnsportasi sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Toba Connect membantu anda mengetahui informasi transportsi yang dibutuhkan untuk mebuat rencana perjalanan wisata. Informasi mengenai lokasi pelabuhan yang terdapat disekitar danau Toba bisa dilihat di situs ini. Anda juga bisa mengetahui jadwal penyeberangan ferry dan jawal kapal, selain itu Anda bisa dapatkan informasi travel yang bisa anda gunakan, demikian juga dengan informasi rental mobil, rental motor dan persewaan sepeda. Dengan mengetahui hal tersebut maka anda bisa mempertimbangkan dan memiliih alat transportasi yang anda butuhkan selama berwisata di danau Toba.

5. Ketahui mengenai pasar souvenir

Perjalanan wisata atau berlibur tidak lepas dari oleh-oleh yang ingin Anda bawa pulang ke rumah dari perjalanan wisata. Di kawasan Danau Toba ada terdapat pusat souvenir yang menjadi pilihan Anda untuk berbelanja souvenir. Anda bisa mengetahui lokasi perbelanjaan atau pusat souvenir di kawasan Wisata Danau Toba di situs Toba Connect. Dengan demikian Anda bisa masukkan dalam rencana perjalanan wisata Anda, sehingga tidak terlupa untuk membeli souvenir sebagai oleh-oleh.

Itulah kelima tips yang perlu Anda ketahui untuk membuat rencana perjalanan wisata dan berlibur Anda di Kawasan Wisata Danau Toba bisa disusun dengan cermat dan baik sehingga saat berwisata anda melakukannya dengan nyaman dan menyenangkan.

Horas…..selamat berwisata di Danau Toba.

Usaha Jasa Wisata di Kawasan Danau Toba

Kawasan Danau Toba ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata internasional yang dicanangka oleh pemerintah Indonesia. Dengan demikian pemerintah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang berwisata ke sini.

Pembangunan fisik untuk mendukung perkembangan wisata di daerah ini dilaksanakan dengan cepat oleh pemerintah. Selain itu pengusaha yang bergerak di bidang jasa wisata juga semakin berkembang dan mulai melakukan inovasi untuk ikut berperan serta dalam pengembangan dan peningkatan wisata Kawasan Danau Toba.

Berbagai kegiatan usaha jasa wisata yang berkembang adalah seperti hotel, homestay, pusat kerajinan dan oleh-oleh atau souvenir, usaha angkutan atau travel wisata, restoran dan cafe dan juga jasa pemandu wisata. Berbagai jasa usaha wisata ini harus didukung juga sejalan dengan pembangunan sarana dan prasarana fisik yang telah digalakkan oleh pemerintah.

Untuk mendukung usaha jasa wisata di Kawasan Danau Toba, Toba Connect memberi solusi untuk melakukan promosi lokasi atau tempat usahanya agar lebih mudah dikenali oleh wisatawan yang sedang mencari informasi wisata di Kawasan Danau Toba.

Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, yaitu dengan mendaftarkan usaha jasa wisata anda baik usaha cafe, restoran, homestay, hotel, rental atau travel, atau jasa pemandu, toko souvenir di situs Toba Connect. Sebelumnya Anda cukup mendaftarkan alamat email Anda untuk membuat suatu account untuk mengakses fasilitas di situs ini. Setelah Anda memiliki account, silahkan masuk ke halaman account kemudian Anda bisa langsung mendaftarkan lokasi atau tempat Anda dengan menekan tombol LIST.

Anda akan berhadapan dengan form yang bisa Anda pergunakan untuk mendaftarkan tempat usaha Anda. Setelah semua form diisi dengan baik maka Anda siap mempublikasikan dengan menekan tombol publish. Isilah semua isian dalam form denglan baik dan benar sehingga informasi yang ingin Anda promosikan bisa diketahui dengan baik saat dicari dihalaman situs ini.

Dengan didaftarkan dalam situs Toba Connect maka usaha jasa wisata Anda akan semakin mudah dicari oleh wisatawan yang mencari informasi yang mereka butuhkan dalam merencanakan perjalanan liburan. Toba Connect memberikan fasilitas ini dengan cuma-cuma bagi Anda yang ingin mempromosikan usahanya melalui situs kami.

Salam Wisata.

Air Terjun Sampuran Widuri Di Serdang Bedagai

Air Terjun Sampuran Widuri memiliki ketinggain sekitar 35 m.  Selain Sampuran Widuri masih ada dua air terjun lainnya dilokasi tersebut, hanya saja ketinggiannya lebih rendah dari Sampuran Widuri. Jarak antara air terjun saling berdekatan dan jalan menuju ke setiap lokasi sudah tertata dengan rapi.

Lokasi

Dusun III, Desa Dolok Merawan,

Kecamatan Dolok Merawan,

Kabupaten Serdang Bedagai,

Propinsi Sumatera Utara.

 

Aksesbilitas

Lokasinya sekitar satu kilometer dari Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang menuju Pematang Siantar. Berjarak 100 km dari Medan atau 48 km dari Sei Rampah atau 20 km Dari Tebing Tinggi atau 25 km dari kota Pematang Siantar.   Jika berangkat dari Medan rute yang diambil adalah melalui Tajung Morawa, Lubukk Pakam, Perbaungan, Tebing Tinggi hingga tiba Pematang Siantar

 

Jika menggunakan kendaraan umum dari Medan naik bus Intra Sejahtera dan turun di Simpang Bajalingge (di Jalur Lintas Sumatera dengan ongkos sekitar 13000 rupiah.  Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 1,5 km menuju lokasi.  Bagi yang malas berjalan kaki tersedia ojek yang biasanya mangkal di Simpang dengan ongkos Rp 10000 sekali jalan.

 

Selanjutnya untuk mencapai lokasi air terjun ini harus menuruni anak tangga yang berkelok-kelok dengan jumlah mencapai sekitar 135 buah anak tangga.

 

Tiket dan Parkir

Tiket masuk sebesar Rp 2500 per orang sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

 

Fasilitas dan Akomodasi

Obyek Wisata ini masih minim fasilitas, seperti tidak adanya sarana pemondokan dan kamar mandi.

Rumah Pohon Simarjarunjung

Rumah Pohon dengan pemandangan yang indah ada juga di Kawasan Danau Toba, salah satunya adalah Rumah Pohon Simarjarunjung. Lokasi wisata ini berada di di 

 

Lokasi wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada hari libur atau pada hari Minggu karena tempat ini memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya. Anda bisa menikmati panorama Danau Toba dari ketinggian sehingga luasnya perairan danau hampir terlihat seluruhnya dari tempat ini.

 

Ada empat buah rumah pohon yang tersedia ditempat ini untuk digunakan pengunjung menikmati pemandangan indah atau mengabadikannya dengan kamera. Salah satu yang paling ramai dipilih oleh pengunjung adalah rumah pohon cinta. Bentuknya seperti hati, Anda bisa naik ke atas dengan membayar sebesar lima ribu saja. Jika ingi mendapatkan foto yang bagus Anda bisa menggunakan jasa fotografer yang ada disana.

 

Selain pemandangannya yang sangat indah maka Anda akan menikmati udaranya yang sejuk, karena lokasinya berada di ketinggian yang menghadap Danau Toba. Untuk yang mencoba tantangan boleh bermain flyingfox untuk memacu adrenalin atau bermain ayunan sambil menikmati pemandangan yang indah. Maka disarankan bagi yang tidak kuat dingin harus membawa jaket untuk mengusir rasa dingin. Selamat berwisata dan berfoto ria di tempat ini. Jangan lupa membawa makanan dan minuman karena di tempat ini tidak banyak warung yang menyediakannya.