Jul
27
Jum
Belitong Geopark International Kayak Marathon
Jul 27 – Jul 29 all-day
Belitong Geopark International Kayak Marathon

Dalam rangka mendukung Pulau Belitung mendapatkan status Unesco Global Geopark di 2019, komunitas Kayak Indonesia bekerjasama dengan Badan Pengelola Geopark Belitong berencana mengadakan Belitong Geopark International Kayak Marathon (BGIKM) 2018. Pertandingan kayak maraton ini digelar di Tanjung Kelayang, Belitung pada 27 Juli hingga 29 Juli nanti.

 

Kegiatan dayung di laut menggunakan kayak jadi pilihan lantaran merupakan salah satu cara yang paling efektif menikmati pemandangan permukaan laut serta garis pantai.

Belitong sendiri memiliki keindahan permukaan laut yang unik dengan bebatuan granitnya, sehingga memberikan nilai tambah tersendiri bagi wisatawan yang ingin menjelajah permukaan laut dan garis pantai di kepulauan Belitong.

 

Ada sekitar 120 pegiat kayak dan SUP dari Indonesia hingga mancanegara ikut BGIKM 2018. Beberapa peserta dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Republik Cek telah mendaftarkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

 

Sea-kayak atau kayak adalah olahraga dayung laut yang relatif mudah dipelajari dan tak membutuhkan keterampilan khusus. Cukup dengan kemampuan berenang dan menguasai sedikit cara mempertahankan keseimbangan dalam perahu.

 

Selain sea-kayak, BGIKM 2018 juga akan memperkenalkan standup paddleboard (SUP). Yakni, mendayung dengan posisi berdiri di atas semacam papan surfing yang ukurannya besar.

Olahraga ini mulai populer di dunia serta di Indonesia karena kepraktisannya.