Jun
16
Sun
Festival Sriwijaya @ Benteng Kuto Besak
Jun 16 – Jun 23 all-day
Festival Sriwijaya @ Benteng Kuto Besak | Palembang | South Sumatra | Indonesia

Festival Sriwijaya merupakan event pergelaran kebudayaan tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang pada tahun 2018 ini memasuki pelaksanaannya yang ke-27.

Dalam event tersebut dipergelarkan kebudayaan dari 17 kabupaten/ kota di Sumatera Selatan, seperti tarian, drama musikal, lagu daerah, juga kuliner khas masing-masing daerah.

Dengan tujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya , meningkatkan citra Sumatera Selatan sebagai daerah tujuan wisata guna meningkatkan pemerdayaan ekonomi kerakyatan, serta   menampilkan puncak kreatifitas daerah yang merefleksikan orisinalitas, kemandirian dan kearifan lokal.

 

Benteng Kuto Besak,
Palembang
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan
(+62 711) 357348
info@dipardass.go.id
www.dipardass.go.id

Jun
17
Mon
Yadnya Kasada Bromo
Jun 17 – Jun 19 all-day
Yadnya Kasada Bromo @ East Java | Indonesia

Yadnya Kasada dan Bromo Exotica merupakan upacara suku Tengger setiap bulan kesepuluh kalender adat, diselenggarakan di lereng dan kawah Gunung Bromo.
Sebagai ungkapan rasa syukur dan perayaan awal waktu.Upacara adat yang berlangsung ratusan tahun ini, kini diperkaya dengan respon kolaboratif dari seniman yang berasal dari berbagai kota. Menafsirkan kembali kisah asal usul penduduk Tengger, pertunjukan kolosal di gelar pada lautan pasir dalam kemasan kontemporer : Exotica Bromo

 

Bromo, Jawa Timur
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur
(+62 31) 8531814
(+62 31) 8531816
disbudpar.jatimprov.go.id
info@disbudpar.jatimprov.go.id
Jawa Timur

Jul
5
Fri
Flower & Fruits Festival
Jul 5 – Jul 7 all-day
Flower & Fruits Festival @ Berastagi | North Sumatra | Indonesia

Kabupaten Karo yang dikenal sebagai Bumi Turang, yang berarti pertanian berbudaya yang memiliki kekayaan alam pegunungan, buah-buahan segar, dan sayuran (flower & fruit festival).

Bunga dan buah pare konon dipercaya sebagai ritual adat, sebagai ucapan syukur kepada Tuhan atas panen berlimpah.

Wisatawan yang akan merasakan keindahan kota Berastagi, karena kegembiraan masyarakat Karo, rumah dan sekitarnya akan dipandang indah dengan ornamen bunga-bunga dan lambe-lambe (daun aren muda).

Para wanita juga berpakaian sendiri, sambil memamerkan hasil panen bunga, buah dan sayuran di sekitar kota Berastagi.

Wisatawan akan disambut dengan “MEJAUH-JUAH” dengan ramah dan penuh dengan kegembiraan.

Kegembiraan ritual ini juga menampilkan drama teater y=tradisional dan penyenyi “Perkolong-kolong” dan tarian tradisional Karo “Landek”.

Sebagai tanda kegembiraan, tamu dan wisatawan akan diberikan tanaman gratis.

Makanan tradisional seperti kari daging, ikan, ketan, tape, buah-buahan yang akan disiapkan bagi para tamu dan turis.

Parade Sandelwood dan Tenun Ikat Sumba Nusa Tenggara Timur
Jul 5 – Jul 13 all-day
Parade Sandelwood dan Tenun Ikat Sumba Nusa Tenggara Timur @ East Nusa Tenggara | Indonesia

Wonderful Sumba Island Festival (WSIF) 2018, adalah strategy promosi pariwisata dalam bentuk event marketing untuk memperkenalkan Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur melalui Potensi dan daya tarik wisata kuda Sandel (Sandalwood) dan tenun ikatnya yang sudah mendunia, menjadi destinasi wisata kelas dunia di 4 kabupaten sedaratan Sumba, dengan Puncak acara  diselenggrakan di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya.Program ini dikemas secara kolosal dan kreatif dengan mengkombinasikan daya tarik budaya, Kerajinan, Kuliner,wisata alam, dan buatan serta potensi daerah di Pulau Sumba melalui event Festival Sandalwood & Festival Tenun Ikat Sumba dengan suguhan utama yaitu atraksi Parade 1001 Kuda Sandalwood & atraksi 2018 seniman Tenun Ikat Sumba sebagai daya tarik utama.

 

Sumba, NTT
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur
(+62 380) 826384
dinparekrafntt@gmail.com
tourism.nttprov.go.id

Jul
20
Sat
Festival Tumba
Jul 20 – Jul 21 all-day
Festival Tumba @ North Sumatra | Indonesia

Dari sisi selatan Danau Toba, terdapat tarian yang menjadi media komunikasi sebagai gambaran perasaan suka cita dari masyarakatnya, yaitu Tarian Tumba.

Sejak usia dini anak-anak di Humbang Hasundutan sudah diperkenalkan denagn tarian ini, lengkap dengan filosofi-filosofi yang terkandung di dalam gerakan dan nyanyian yang syairnya berisikan tentang pesan-pesan alam dan juga lingkungan sekitar.

Martumba pada awalnya diperagakan oleh anak-anak dan juga muda-mudi sebagai tarianmeminta hujan yang dilakukan penuh riang gembira pada waktu malam hari, khususnya pada saat menghabiskan bulan purnama.

Namun kini, Martumba dapat dilakukan kapan saja, sebagai hiburan dan juga dilakukan pada perayaan-perayaan tertentu, bahkan diperlombakan.

Tumba Fest mengemas semangat kegembiraan tersebut menjadi sebuah festival yang mengajak para pengunjung untuk bergembira melaui tarian dan nyayian.

Tumba Fest harus dihadiri oleh Anda yang ingin ikut bergembira merayakan keriangan masyarakat Humbahas.

Jul
26
Fri
Festival Pesona Bunaken
Jul 26 – Jul 29 all-day
Festival Pesona Bunaken @ Manado | North Sulawesi | Indonesia

Festival Tahunan ini akan diadakan di beberapa titik di manado dan berlangsung selama sepekan. Berbagai kegiatan yang akan berlangsung seperti lomba memancing yang akan diadakan di
Pantai Megamas, Lomba Foto Bawah Laut, Lomba Seni Tari maengket, music bamboo dan kolintang serta pemilihan Putra – Putri Bunaken.
Acara ini juga akan dimeriahkan oleh pesta musik.

 

Sulawesi Utara
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara
(+62 431) 851723
www.disbudpar-sulut.org

Jul
27
Sat
Rondang Bittang Festival
Jul 27 – Jul 28 all-day
Rondang Bittang Festival @ North Sumatra | Indonesia

Di masa lalu, sebagai ungkapan syukur atas keberhasilan panen, masyarakat Simalungun menggelar pesta rakyat yang berlangsung pada malam bulan purnama penuh saat langit bertabur bintang.

Menjaga kearifan lokal tersebut, Pesta Rondang Bittang di Desa Sarimatondang diselenggarakan dengan memegang teguh tradisi yang ada, sebagai ucapan syukur, pesta budaya dan pesta muda-mudi.

Prosesi dimulai dengan menghitung tahapan menanam padi, dari menanam, memotong, menuai, memanen, menginjak-injak, menampi, hingga menyimpan hasil panen padi ke dalam lumbung.

Dimalam harinya, akan ditentukan kapan Pesta Rondang Bittang diadakan, yang biasanya tepat pada saat bulan purnama.

Muda-mudi memanfaatkan pesta ini untuk saling bertemu dan bertegur sapa, memperlihatkan ketangkasannya sambil mencari jodoh, dengan didampingi dan diamati oleh para orangtua.

Musik tradisional Gonrang membuka acara, mengiringi tarian dan permainan tradisional, oleh muda-mudi dan juga para orang tua hingga jauh malam.

Desa Sarimatondang menunggu anda untuk merayakan kebersamaan dalam Pesta Rondang Bittang. Siapa tahu anda bertemu jodoh disitu.

Jul
28
Sun
Banyuwangi Ethno Carnival
Jul 28 all-day

Karnaval etnik meriah yang digelar di Sunrise of Java, menyajikan keanggunan busana etnik nusantara.
Peserta, penonton dan penyelenggara yang bergairah merupakan daya tarik karnaval ini. Keragaman etnik yang menyusun masyarakat, terpantul pada festival rakyat ini. Jawa, Madura, Padalungan, Bali dan Osing ; bercampur menyusun ekspresi seni yang unik. Dengan alunan suara dan gerak Gandrung Sewu, yang menjadi ikon Banyuwangi, karnaval mengalir di sepanjang jalan.

Pada karnaval ini, orang datang untuk melihat dan dilihat.

Banyuwangi
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur
(+62 31) 8531814
(+62 31) 8531816
disbudpar.jatimprov.go.id
info@disbudpar.jatimprov.go.id

Jul
30
Tue
Jember Fashion Carnaval
Jul 30 – Aug 3 all-day

Jember Fashion Carnaval (JFC) merupakan jawaban benua kepulauan terhadap festival dunia, baik Rio Carnaval,  Noting Hill dan Venesia. Fashion Extravagansa yang ditampilkannya sepanjang lebih dari tiga kilometer, menyebabkan kota tenang Jember di Jawa Timur, masuk dalam peta kota karnaval dunia. Acara berlangsung empat hari dengan kategori anak, beragam adat, pameran dan konvensi fashion. Dirintis oleh Dynand Fariz, seorang seniman dan pendidik yang menginspirasi munculnya gelombang karnaval di berbagai kota di Indonesia.

Jember
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur
(+62 31) 8531814
(+62 31) 8531816
disbudpar.jatimprov.go.id
info@disbudpar.jatimprov.go.id

Aug
2
Fri
Buleleng Festival
Aug 2 – Aug 6 all-day

Dikenal sebagai Bulfest, festival kota ini menggunakan seluruh situs kota sebagai tempat pagelaran. Tugu Singa Ambararaja, Jembatan Tua Pelabuhan, Puri Kanginan dan Sasana Budaya. Buleleng ingin menunjukkan kekuatan budayanya yang progresif, sambil menonjolkan pusaka budaya kota.Buleleng dikenal dengan inovasi dan pembaharuan seni dengan tradisi gong kebyar dan jangernya. Pembaharuan juga terjadi dalam tradisi kulinernya yang tak segan memasukan selera mancanegara.

Buleleng
Dinas Pariwisata Provinsi Bali
(+62 361) 222387
(+62 361) 226313
infotourism@baliprov.go.id
info.disparda@baliprov.go.id
www.disparda.baliprov.go.id