May
18
Sat
Pesta Adat Sihaporas
May 18 all-day
Pesta Adat Sihaporas @ North Sumatra | Indonesia

Masyarakat adat Sihaporas di Kabupaten Simalungun, masih memegang erat budaya leluhur dengan rutin menggelar berbagai ritual kepadaTuhan untuk mengucapkan syukur, meminta ampunan dosa, memanjatkn doa kesehatan dan keselamatan, kemurahan rezeki, kedamaian serta kebahagiaan. Seluruh penduduk desa akan terlibat dalam gotong royong mempersiapkan pelaksanaan ritual.

Tahapan ritual dimulai dengan mencari dan meramu segala keperluan ritual dan dilanjutkn dengan pemanjatan doa sekaligus pembukaan diiringi musik tradisional. Di hari berikutnya ritual dimulai dengan menyembelih ayan dan dilanjutkan dengan tradisi pembasuhan diri, makan bersama, menari bersama, bersih desa serta diakhiri dengan menari dan persembah sesajian pada malam harinya. Menghadiri Pesta Adat Sihaporas adalah sebuah pengalaman baik tentang sebuah komunitas adat yang begitu memelihara semangat gotong royongnya, yang mengikat bagi para penduduknya untuk selalu rukun dan hidup harmonis.

Jun
8
Sat
Sigale-gale Carnaval
Jun 8 all-day
Sigale-gale Carnaval @ North Sumatra | Indonesia

Negeri indah kepingan surga, Pulau Samosir memiliki emua keindahan alam untuk menjadi destinasi wisata yang menakjubkan dengan situs sejarah dan kearifan lokalnya yang masih terjaga baik.

Karnaval Si Gale-gale menjadi bukti keberhasilan pelestarian kekayaan budaya lokal yang masih terjaga mengiring perkembangan zaman.

Dikemas dengan modern namun tanpa meninggalkan unsur tradisi yang masih kuat, karnaval ini terdiri dari rangkaian atraksi dengan sentuhan budaya yang masih kental.

Adapun atraksi utama karnaval ini adalah pentas tetater kolosal yang menceritakan perjalanan hidup Mangale, legenda yang melatari adanya patung Sigale-gale.

Nuansa karnaval semakin hidup saat Sigale-gale menari-nari, ditemani oleh para penari Tortor yang meliuk mengikuti irama alat musik tradisional Kawasan Danau Toba, Gondang Sabangunan.

Nuansa sakral dan mistis masih hadir dan justru memberi nuansa keunikan tersendiri di Karnaval tersebut.

Ditambah keindahan alam Samosir dengan paduan bukit yang hijau, danau yang biru dan hawa yang sejuk yang memberikan ketenangan dan kenyamanan, menjadikan event ini patut untuk dikunjungi.

 

Jul
5
Fri
Flower & Fruits Festival
Jul 5 – Jul 7 all-day
Flower & Fruits Festival @ Berastagi | North Sumatra | Indonesia

Kabupaten Karo yang dikenal sebagai Bumi Turang, yang berarti pertanian berbudaya yang memiliki kekayaan alam pegunungan, buah-buahan segar, dan sayuran (flower & fruit festival).

Bunga dan buah pare konon dipercaya sebagai ritual adat, sebagai ucapan syukur kepada Tuhan atas panen berlimpah.

Wisatawan yang akan merasakan keindahan kota Berastagi, karena kegembiraan masyarakat Karo, rumah dan sekitarnya akan dipandang indah dengan ornamen bunga-bunga dan lambe-lambe (daun aren muda).

Para wanita juga berpakaian sendiri, sambil memamerkan hasil panen bunga, buah dan sayuran di sekitar kota Berastagi.

Wisatawan akan disambut dengan “MEJAUH-JUAH” dengan ramah dan penuh dengan kegembiraan.

Kegembiraan ritual ini juga menampilkan drama teater y=tradisional dan penyenyi “Perkolong-kolong” dan tarian tradisional Karo “Landek”.

Sebagai tanda kegembiraan, tamu dan wisatawan akan diberikan tanaman gratis.

Makanan tradisional seperti kari daging, ikan, ketan, tape, buah-buahan yang akan disiapkan bagi para tamu dan turis.

Jul
20
Sat
Festival Tumba
Jul 20 – Jul 21 all-day
Festival Tumba @ North Sumatra | Indonesia

Dari sisi selatan Danau Toba, terdapat tarian yang menjadi media komunikasi sebagai gambaran perasaan suka cita dari masyarakatnya, yaitu Tarian Tumba.

Sejak usia dini anak-anak di Humbang Hasundutan sudah diperkenalkan denagn tarian ini, lengkap dengan filosofi-filosofi yang terkandung di dalam gerakan dan nyanyian yang syairnya berisikan tentang pesan-pesan alam dan juga lingkungan sekitar.

Martumba pada awalnya diperagakan oleh anak-anak dan juga muda-mudi sebagai tarianmeminta hujan yang dilakukan penuh riang gembira pada waktu malam hari, khususnya pada saat menghabiskan bulan purnama.

Namun kini, Martumba dapat dilakukan kapan saja, sebagai hiburan dan juga dilakukan pada perayaan-perayaan tertentu, bahkan diperlombakan.

Tumba Fest mengemas semangat kegembiraan tersebut menjadi sebuah festival yang mengajak para pengunjung untuk bergembira melaui tarian dan nyayian.

Tumba Fest harus dihadiri oleh Anda yang ingin ikut bergembira merayakan keriangan masyarakat Humbahas.

Jul
27
Sat
Rondang Bittang Festival
Jul 27 – Jul 28 all-day
Rondang Bittang Festival @ North Sumatra | Indonesia

Di masa lalu, sebagai ungkapan syukur atas keberhasilan panen, masyarakat Simalungun menggelar pesta rakyat yang berlangsung pada malam bulan purnama penuh saat langit bertabur bintang.

Menjaga kearifan lokal tersebut, Pesta Rondang Bittang di Desa Sarimatondang diselenggarakan dengan memegang teguh tradisi yang ada, sebagai ucapan syukur, pesta budaya dan pesta muda-mudi.

Prosesi dimulai dengan menghitung tahapan menanam padi, dari menanam, memotong, menuai, memanen, menginjak-injak, menampi, hingga menyimpan hasil panen padi ke dalam lumbung.

Dimalam harinya, akan ditentukan kapan Pesta Rondang Bittang diadakan, yang biasanya tepat pada saat bulan purnama.

Muda-mudi memanfaatkan pesta ini untuk saling bertemu dan bertegur sapa, memperlihatkan ketangkasannya sambil mencari jodoh, dengan didampingi dan diamati oleh para orangtua.

Musik tradisional Gonrang membuka acara, mengiringi tarian dan permainan tradisional, oleh muda-mudi dan juga para orang tua hingga jauh malam.

Desa Sarimatondang menunggu anda untuk merayakan kebersamaan dalam Pesta Rondang Bittang. Siapa tahu anda bertemu jodoh disitu.