Jun
14
Fri
Toba Caldera World Music Festival 2019
Jun 14 – Jun 16 all-day
Toba Caldera World Music Festival 2019 @ North Sumatra | Indonesia

Festival ini diilhami narasi antara kejadian alam yang melahirkan konstruksi Danau Toba sebagai kawasan kaldera, baik dalam perspektif geologis maupun geo-mitologis, serta ragam ekspresi ritus bebunyian dan gerak tarian yang masih hidup hingga saat ini.

Keterkaitan narasi ini diangkat dan diramu oleh Rumah Musik Suarasama ke dalam suatu festival musik bertemkan “bumi”dan “kebumian”dengan demangat kuta untuk menjaga keberlanjutan alam.

konsep besar dri festival inin adalah sebuah acara tahunan yang menampilkan keaneka ragaman jenis seni musik tradisi dan kontemporer dengan genre world music dari seluruh dunia, dikolaborasi dengan pentas eksibishi bagi kelompok musik tradisi lokal dan edukasi bidaya lewat klinik musik bagi masyarakat lokal.

Festival ini juga menjadi pertemuan berbagai potensi lokal yang ada dan berkembang di Kawasan Danau Toba, mulai dari pameran budaya, pameran kerajiann tangan, pameran industri kreatif serta pasar kuliner.

Musik yang bagus, makanan yang lezat, kerjainan tangan yang unik, dan semangat untuk saling berbagipengalaman baik serta hawa sejuk dan pemandangan indah dari Bukit tarabunga.

Aug
16
Fri
Gebyar Taput
Aug 16 @ 9:56 am – Aug 17 @ 10:56 am
Gebyar Taput @ North Sumatra | Indonesia

Kabupaten Tapanuli Utara ddalah satu dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara ini beribukotakan Tarutung.

Kota berhawa dingin dan ada sungai yang membelah kotanya. Kota ini adalah juga pusat dari salah satu gereja tertua di Indonesia yakni HKBP, tidak hanya itu Tarutung juga punya Taman Wisata Iman dengan patung Kristus yang besar.

Selain beberapa hal di atas ada beberapa event tahunan menarik untuk dihadiri yaitu pacuan kuda dan motocross.

Pacuan kuda ini meskipun dilaksanakan dalam situasi yang cenderung sangat tradisional tapi semangat kompetisi dalam kebersamaan terlihat sangat dominan, lengkap dengan pelana warna-warni tentu menjadi sebuah pemandangan menatik untuk dikunjungi.

Event motocross yang setiap tahun juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan ini sungguh sangat maskulin, deru suara motor cross bercampur debu dalam balutan udara dingin tentu sangat eksotos dan wajib dijadwalkan untuk dikunjungi.

Aug
26
Mon
Samosir Music International
Aug 26 all-day
Samosir Music International @ North Sumatra | Indonesia

Dengan penyelenggaraan yang ke empat kalinya di 2018, event tahunan Samosir Music international membuktikan konsistensinya sebagai event musik yang sukses dan selalu ditunggu penyelenggaraannya.

Ribuan orang datang berkunjung ke Tuktuk Siadong Open Stage di Samosir setiap tahun untuk berkumpul bersama-sama menikmati persembahan musk dari artis-artis lokal, nasional, dan internasional.

Sebagai bagian dari rangkaian Horas Samosir Fiesta, pentas musik ini selalu menampilkan pengisi acara dari berbagai negara di Eropa yang begitu piawai membawakan lagu-lagu Batak dalam penampilannya, berkolaborasi dengan penggiat musik Batak nasional.

Tatanan panggung yang megah, tata suaranya yang berkualitas dan pencahayaan yang spektakuler adalah jaminan kepuasan bagi anda yang penggear musik, terutama musik batak,

Sebeum dan sesudah event sempatkan menginap di akwasan Tuktuk dengan berbagai pilihan akomodasi.

Cafe dan restoran dengan sajian tradisional hingga internasional , buka sepanjang hari hingga malam.

Jadi, kalau inhin melihat bule menyanyikan lagu Batak, datanglah ke Tuk-tuk dan saksikan Samosir Music international. Horas

Sep
13
Fri
Karnaval Pesona Danau Toba
Sep 13 – Sep 15 all-day
Karnaval Pesona Danau Toba @ Balige | North Sumatra | Indonesia

Dua puluh menit dari bandara Internasional Silangit, kota Balige adalah tempat yang tepat sebagai destinasi pertama yang disinggai apabila kita datang ke Danau Toba melalui jalur udara. Ragam kuliner dan Museum Batak TB Silalahi Centre adalah atraksi yang jangan sampai terlewat. Di kota yang sedang terus membangun inilah Karnaval Pesona Danau Toba dihelat sebagai suatu perayaan kemerdekaan negeri, dan menjadi representasi keberagaman suku dan budaya bangsa yang hidup berdampingan sehari-hari.

berbagai komunitas seni budaya dilibatkan untuk bersama-sama menyemarakkan karnaval yang selalu menarik perhatian masyarakat dan pengunjung. Karnaval ini juga bertujuan mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas di Indonesia serta melestarikan keberagaman budaya yang ada dan hidup berinteraksi di Balige. Rangkaian karnava; terdiri dari parade mobil hias, parade kostum karnaval, barisan ibu penghunti tandok, berbagai kesenian tradisional hingga marching band. hadir da nikamti suasana keriangan khas karnaval sembari berbelanja beragam jenis ikan asin danulos di Pasar Onan Balerong Balige.