Daftar Pelabuhan Di Danau Toba

Danau Toba yang demikian luas dengan Pulau Samosir di tengahnya menjadi destinasi wisata yang sangat menarik dengan keindahan alam, aneka kekayaan budaya serta keramahtamahan penduduknya. Di sekeliling pantai danau Toba baik di pesisir pulau Sumatera maupun pesisir Pulau Samosir berkembang kota-kota yang menjadi pertumbuhan penduduk. Beberapa kota-kota itu juga menjadi pusat kegiatan pariwisata.

Perjalanan wisata memerlukan sarana transportasi untuk memenuhi kegiatan perjalanan wisata, dan di kawasaan Danau Toba salah satu sarana transportasi yang berkembang adalah transpotasi danau yang dilayani kapal-kapal. Terdpat beberapa pelabuham di sekitar Danau Toba yang menjadi penghubung antar kota di sekeliling Danau Toba.

Pelabuhan-pelabuhan yang ada di Danau Toba dibangun oleh kementrian perhubungan Berikut adalah daftar pelabuhan di Danau Toba:

  1. Pelabuhan Muara
  2. Pelabuhan Simanindo
  3. Pelabuhan Tigaras
  4. Pelabuhan Ajibata Parapat
  5. Pelabuhan Tomok
  6. Pelabuhan Sipinggan Nainggolan

Fasilitas pelabuhan ini merupakan pendukung untuk kegiatan pariwisata di Kawasan Danau Toba selain merupakan sarana transportaso masyarakat sehari-harinya dalam kegiatan ekonominya. Pelabuhan-pelabuhan tersebut adalah sarana konektifitas kegiatan masyrakat di sekitar Danau Toba.

Selain itu Danau Toba juga akan mendapatkan  tiga kapal roro, dua oleh Kemenhub dan satu oleh PT ASDP (Angkutan Sungai, Danau, Penyeberangan),

Selain pelabuhan? menambah jumlah kapal roro yang saat ini sudah beroperasi yaitu KM Sumut 1 dan Sumut 2.  Kapal roro yang dibangun, nantinya akan memiliki kapasitas 300 GT, dengan panjang 48,5 meter dan lebar 12,6 meter.”Kapal roro yang akan akan dibangun berkapasitas 300 GT (gross tonnage), mampu menampung sekitar 200 sampai 300 penumpang dan 32 mobil.

4 Replies to “Daftar Pelabuhan Di Danau Toba”

  1. Masukan yg bagus..dan tulisan yg enak dibaca..mantap pak..
    Tapi mau nanya pelabuhan yg dibalige bukan dai kementrian pak..???

  2. wah sangat disayangkan ya masih minimnya informasi tentang pelabuhan tigaras. Kebetukan saya mahasiswa tingkat akhir jurusan sejarah unined mau mengangkat pelabuhan sejarah ke dalam skripsi, tapi harus berpikir ulang lagi karena sumber yang terbatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *