Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya.

 

Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Selain itu pelabuhan juga berfungsi untuk jalur penumpang keluar masuk suatu kota dan wilayah.

 

Dengan demikian pelabuhan juga merupakan suatu pintu gerbang untuk masuk ke suatu daerah tertentu dan sebagai prasarana penghubung antar daerah, antar pulau, bahkan antar negara.
Wilayah Sumatera Utara dimana lokasi Danau Toba berada memiliki beberapa pelabuhan yang menjadi pintu gerbang untuk masuk ke dalam wilayah Sumatera utara dan juga untuk mencapi Danau Toba.
Para wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Toba untuk berlibur bisa memilih pelabuhan yang ada di Sumatera Utara untuk mencapai lokasi tujuannya sesuai arah kedatangannya.

Berikut adalah beberapa pelabuhan yang ada dalam daftar pelabuhan di Sumatera Utara:

1. Pelabuhan Belawan

Pelabuhan belawan merupakan pelabuhan yang paling ramai saat ini di Sumatera Utara baik untuk angkutan barang maupun angkutan penumpang. Pelabuhan yang ada di kota Medan ini merupakan pintu gerbang menuju kota Medan lewat rute laut. kapasitas pelabuhan ini bisa mengakomodir kapal-kapal ukuran besar. Dari Pelabuhan ini terdapat pelayaran kapal yang memiliki rute ke Tanjung Priuk hingga ke Indonesia Timur. Selain itu pelabuhan ini juga seing disinggahi kapal pesiar yang membawa wisatwan asing.

2. Pelabuhan Kuala Tanjung

Pelabuhan Kuala Tanjung merupakan pelabuhan berskala internasional yang saat ini dikembangkan pemerintah Indonesai dan akan menjadi hub pelayaran internasional di Indonesia bagian barat. Pelabuhan ini juga akan melayani kedatangan kapal-kapal pesiar yang berlayar membawa wisatawan asing yang ingin berwisata ke Kawasan Danau Toba. Beberapa kapal pesiar yang sudah pernah berlabuh di pelabuhan ini adalah SuperStar Libra dan Star Cruise.

3. Pelabuhan Tanjung Balai

Pelabuhan yang ada di bagian timur pantai Sumatera Utara ini merupakan salah satu pinu gerbang wisatwan yang akan berkunjung ke wilayah Sumatera Utara yang ingin datang melalui perjalanan laut dengan kapal. Umumnya wisatawan yang melalui jalur ini adalah wisatwan yang berasal dari Malaysia dan Singapura. Jika jalan tol Lintas Sumatera yang akan dibangun sudah tersambung, akan mempermudah wisatawan untuk menjangkau Kawasan Danau Toba yang mendarat di pelabuhan Tanjung Balai.

4. Pelabuhan Sibolga.

Pelabuhan Sibolga adalah pelabuhan yang ada di bagian Barat Sumatera Utara. Pelabuhan ini sangat strategis karena menjadi pintu gerbang untuk menuju Pulau Nias yang merupakan destinasi wisata kelas dunia dengan gelombang lautnya yang besar membuat kegiatan selancar disini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Selain ke Pulau Nias, sibolga juga menjadi pintu gerbang buat wisatawan yang naik kapal dari Pelabuhan Padang di Sumatera Barat. Dari Sibolga juga bisa dilakukan pelayaran menuju ujung utara Pulau Sumatera untuk mencapai Banda Aceh atau Pulau We.
Pelabuhan Gunung Sitoli adalah pintu gerbang untuk menuju Pulau Nias. Pulau Nias adalah salah satu pulau yang ada di bagian Barat Sumatera Utara, Pulau Nias memiliki banyak obyek wisata yang terkenal hingga ke mancanegara, terutama wisata bahari. Selain dengan penerbangan, jalur akses ke Pulau Nias adalah lewat jalur laut melalui pelabuhan Sibolga.

Itulah beberapa pelabuhan dari daftar pelabuhan di Sumatera Utara.