Naniura merupakan masakan yang berasal dari Tapanuli Utara. Dulunya Naniura ini hanya di buat untuk khusus para raja-raja. Naniura itu sebenarnya Dekke naniura.  Di dalam bahasa Batak naniura itu di artikan ikan yang tidak dimasak. Naniura adalah masakan yang terbuat nya dari ikan mas yang berbumbu disajikan dengan tanpa ada proses memasak menggunakan api, tetapi dimasaknya dengan dalam bumbu air jeruk asam yang berbahan dasar jeruk jungga.

Naniura

Naniura

Masakan ini berbumbu yang berdasar dari kunyit dengan kepedasan yang menyengat lidah. Bumbu Naniura yang seharusnya di pakai tidak lain dari andaliman atau merica batak, bahan-bahan ini dapat di temukan hanya di tempat penjual makanan khas batak. Andaliman memberikan sensasi nikmat hingga pada ujung lidah kamu pun yang akan membuat nafsu makan kamu semakin bertambah. Lalu ditambahkan dengan batang kecombrang yang menambahkan aroma dan rasa asamnya yang menyegarkan. Selain itu tidak lupa ditambahkan kacang tanah dan kemiri ke dalam bumbu perendam naniura yang sebelumnya disangrai dan kemudian dihaluskan untuk memberikan rasa gurih kedalam masakan ini.

Masakan ini hampir mirip dengan salah masakan Jepang yaitu Sashimi. Sama-sama bertekstur lembut dan segar, dengan di tambah rasa manis daging ikan.

Bahan untuk Naniura yaitu ada yang pasti Ikan Mas, Jeruk nipis, Serai, garam. Lalu bumbu halusnya yaitu ada 8 butir kemiri,disangrai, 6 butir bawang merah, di bakar, 5 buah cabe merah, 3 cm kunyit, 2 buah cabe rawit, 2 sendok teh ketumbar, 2 cm lengkuas dan 2 sendok the garam.

Untuk cara membuat masakan ini adalah pertama bersihkan dahulu ikan mas lalu di belah punggungnya kemudian tambahkan air jeruk nipis dan garam. Lalu, diamkan selama 15 menit lalu lumuri dengan bumbu halus. Letakkan ikan mas di pinggan tahan panas , kemudian kukus sampai matang. Naniura biasanya di sajikan mentah, bukannya dikukus. Dan terakhir masakan dekke naniura siap untuk dinikmati bersama sepiring nasi hangat. Ikan mas ini benar-benar lembut dan dapat dipotong dengan menggunakan sendok. Naniura ini disajikan dengan kacang panggang untuk menambahkan sedikit tekstur agar supaya lebih gurih dan renyah.

Lewat ke baris perkakas