ikan mas arsik

ikan mas arsik

Arsik merupakan salah satu makanan khas Batak yang selalu ada pada acara adat. Arsik yang berasal dari daerah Tapanuli itu biasanya berbahan dasar seperti ikan mas, ikan mujahir dan ikan nila yang di bumbui dengan rempah-rempah seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, asam kandis, lengkuas, dll. Yang menjadi khas dalam masakan ikan bumbu arsik ini adalah bahwa sisik ikan ini masih menempel utuh pada sisi ikan yang akan di buat menjadi ikan arsik. Rasa ikan ini sungguh nikmat dan enak , proses pembuatannya pun sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun hanya dengan cara yang sederhana.

Bahan yang di butuhkan adalah terdiri dari ikan ekor mas segar, batang serai, daun mangkokan, daun kemangi, jeruk nipis dan air bersih secukupnya saja.

Cara memasak ikan Arsik ini yaitu membersihkan ikannya dahulu dengan cara dicuci dengan air lalu dilumuri dengan air jeruk nipis. Lalu, diamkan ikan kira-kira selama 5-10 menit, Lumuri lagi ikannya dengan bumbu yang dihaluskan hingga merata. Lalu yang ke-empat ambil wajan lalu dialasi dengan batang serai, daun mangkokan , daun kemangi dan asam potong. Letakkan ikan diatas dedaunan yang sudah menjadi alas wajan. Selanjutnya, beri air secukupnya hingga ikan terendam rata. Masak juga diatas api sedang cenderung kecil sambil ditutup bagian atasnya. Terakhir, tunggu sampai benar-benar matang dan airnya habis. Rasa dari arsik ikan mas ini asam manis pedas gurih. Lalu, bumbu yang di gunakan untuk membuat bumbu khas adat nya harus sangatlah istimewa di karenakan khas dari lokasi pegunungan Sumatra Utara, contohnhya yaitu andaliman, asam cikala atau buah kecombrang, lalu untuk diluar arsik itu bisa juga untuk rempah-rempahnya yang seperti masakan traditional dari Nusantara lain seperti serai dll.

Ikan Arsik rasanya sunggu nikmat dan sangat harus di cicipi.Aroma rempah-rempah ikan Arsik ini sungguh mengoda rasanya. Kalau tidak mencicipi ikan Arsik ini, akan menyesal rasanya untuk tidak mencicipi rasanya, terutama rempah-rempahnya dengan aroma yang menggoda. Seketika memakan ikan arsik ini kamu akan merasakan lembutnya ikan Arsik ini dengan andaliman sejenis rempah untuk menciptakan rasa pedas hangat yang membuat lidah seakan bergetar.

Lewat ke baris perkakas