Ikan Teri Medan Sambal

Ikan Teri Medan Sambal

Makanan Khas Medan yang paling enak dan disukai banyak orang adalah Ikan Teri. Ikan Teri yang dengan ukuran kecil ini identik sebagai oleh-oleh khas dari daerah Medan dan para penikmatnya pun banyak. Untuk mengetahui ciri teri medan dapat dilihat dari warna putinya. Teri medan ini sangat cocok dijadikan berbagai makanan. Paling umum adalah dengan dimasak dengan sambal kacang. Lalu untuk harga Teri Medan ini akan tergantung dari jenis dan ukurannya/berat dalam kemasan dan untuk kedaluarsa Teri Medan sudah dikeringkan sehingga bisa bertahan lama.

Salah satu resep sambal yang tak kalah terkenalnya adalah resep sambal teri nasi medan. Jika dilihat dari namanya jangan membayangkan bahwa akan ada nasi di dalam sambalnya atau nasi sebagai salah satu bahan membuat sambal. Mungkin kebanyakan orang mengenalnya dengan nama Teri medan.

Rasanya yang enak dan gurih sangat cocok dijadikan olahan sambal yang pedas dan enak. Ditambah dengan nasi hangat akan membuat anda tergila makanan ikan teri ini. Meski hanya dengan lauk berupa sambal teri nasi saja, Anda sudah bisa menikmati nikmatnya salah satu kekayaan kuliner di Indonesia. Ada alasan mengapa teri medan ini dinamai sebagai teri nasi, karena memang ikan teri ini memang memiliki bentuk seperti nasi, putih dan kecil. Selain sangat lezat untuk dijadikan salah satu bahan penganan berupa sambal, teri nasi ini juga memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan. Ikan teri sendiri menyimpan kandungan kalsium yang tinggi dan tidak mudah larut dalam air.

Bahan-bahan utama yang disiapkan: 25 gram teri nasi, seduh menggunakan air hangat, tiriskan. 6 buah cabai merah kering. 2 buah cabai rawit merah. 4 butir bawang merah. 1 siung bawang putih. 1 sendok teh terasi matang, bakar di atas api. ½ sendok teh garam. ½ sendok teh gula pasir. 1 buah tomat. 1 lembar daun jeruk. Minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Langkah-langkah membuat sambal teri nasi. Siapkan wajan, tuang dan panaskan minyak goreng. Setelah panas, masukan ikan teri nasi dan tumis hingga kering. Angkat dan tiriskan. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, garam dan gula. Tumbuk hingga halus, lalu tambahkan tomat terakhir agar mudah dalam menghaluskan bahan-bahan ini. Setelah halus, panaskan minyak goreng, atau bisa menggunakan minyak goreng untuk menggoreng teri tadi, lalu tumis bumbu halus tadi hingga harum. Setelah harum, masukkan teri nasi tadi yang telah digoreng, dan tambahkan daun jeruk ke dalamnya, aduk hingga rata. Jika dirasa sudah pas, sajikan sambal teri nasi dan sambal Teri Nasi Medan siap untuk disantap bersama nasi hangat.

Resep sambal di atas sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu resep sambal yang masih digemari hingga saat ini. Sambal ini bisa Anda jadikan teman untuk menyantap lauk atau juga bisa Anda langsung santap bersama nasi hangat agar bisa merasakan langsung lezatnya sambal teri nasi ini.