Itak Gurgur merupakan makanan tradisional khas Batak yang pada umumnya digunakan pada acara adat Batak tertentu, selain lappet dan ombus-ombus. Itak gurgur dibuat dengan bahan yang hampir sama dengan lampet, yaitu beras yang telah dihaluskan secara tradisional atau yang disebut itak. Jika diperhatikan citra rasamya juga hampir sama dengan lapet, yaitu manis dan gurih.

Tetapi cara pembuatan itak gurgur berbeda dengan cara membuat lampet. Itak gurgur dibuat dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan mengadon semua bahan-bahannya yang terdiri dari itak, kelapa muda yang telah diparut, gula pasir, dan sedikit air panas. Setelah dicampur sampai rata, kemudian adonan tersebut dicetak secara manual dengan tangan sendiri. Metodanya adalah dengan cara menggenggam adonan sebanyak ukuran genggaman tangan, dengan tekanan langsung tangan itak gurgur dibentuk, makanya dihasilkan bentuk genggaman tangan menjadi cetakan kue khas ini. Sudah, begitu saja. Itak Gurgur pun siap dihidangkan. Namun bisa juga itak yang sudah dicetak ini dikukus dalam kukusan beberapa lama hingga matang. Setelah matang siap disantap dalam kondisi hangat, sangat cocok teman ngopi.

 Kata gurgur di sini dapat diartikan sebagai “membara”. Pemberi itak gurgur selalu berharap si pemakan jadi memiliki semangat yang membara-bara. Agar benar-benar membara, itak gurgur dapat dikukus setelah dicetak.

Lewat ke baris perkakas