Pulau Samosir adalah sebuah Pulau yang berada di tengah-tengah Danau Toba, yang memiliki jaringan Rute Jalan Samosir yang melingkari pulau tersebut. Sarana jalan yang ada statusnya merupakan jalan provinsi dengan kondisi jalan yang sudah cukup baik untuk dilalui kenderaan roda empat. Bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Pulau Samosir bisa mengetahui kota-kota yang dilewati jalur atau rute jalan Samosir ini.

Rute Jalan Samosir ini dimulai dari kota Pangururan yang berada di bagian Barat Pulau Samosir. Kota Pangururan adalah kota yang menjadi gerbang utama masuk pulau Samosir jika kita masuk dari Pulau Sumatera dengan melewati jembatan Tano Ponggol dengan kenderaan bermotor. jembatan ini adalah penghubung Pulau Sumatera dengan Pulau Samosir.

Dari Kota Pangururan rute jalan menuju Pasor Putih dengan jarak 11 km yang dapat ditempuh sekitar 20 menit, kemudian Simanindo sejauh 11 km, lalu Ambarita dengan jarak 16 km dan Tuktuk dengan jarak 5 km. Dari Tuktuk rute jalan Samosir akan memasuki pelabuhan Tomok yang cukup dekat hanya 4 km saja. Setelah melewati pelabuhan Tomok perjalanan akan mencapai daerah Lumban Buntu dengan jarak 18 km dan 18 km kemudian akan tiba di Onan Runggu. Dari Onan Runggu rute jalan akan menuju daerah Nainggolan sejauh 12 km, kemudian 14 km lagi tiba di Palipi. Dari Palipi Rute jalan akan kembali ke Pangururan sejauh 18 km. Keseluruhan rute jalan ini berbentuk melingkar karena kita akan kembali ke lokasi awal jika kita menyusuri jalan

Rute Jalan Samosir melingkari Pulau Samosir dan berada di tepi Pulau Samosir dan menjadi jalur menuju lokasi-lokasi objek wisata yang ada di Pulau Samosir. Wisatawan bisa menggunakan kenderaan bermotor seperti mobil atau motor untuk melakukan perjalanan mengelilingi Pulau Samosir dengan nyaman karena kondisi jalan yang dilalui merupakan jalan beraspal yang cukup baik keadaannya. Jika mmembutuhkan kenderaan untuk berkeliling Pulau Samosir bisa menyewa kenderaan dari rental car yang ada di sana.

Lewat ke baris perkakas