Kacang Sihobuk adalah jajanan khas Batak dari kota Tarutung dan sudah menjadi oleh-oleh khas buat yang sedang berkunjung ke kota ini. Diberi nama Kacang Sihobuk diambil dari nama desa Sihobuk dimana kacang ini diproduksi, dan nama tersebut sudah menjadi merk dagang yang dikenal sebagai oleh-oleh dari Tarutung, bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara. Desa Sihobuk adalah sebuah desa di daerah Tarutung Tapanuli Utara.

Kacang Sihobuk menjadi terkenal karena memang rasanya yang khas dibanding kacang produk daerah lain. Kenapa bisa demikian? Pembuatan makanan ini memang berbeda dengan di daerah lain, di Sihobuk pembuatannya dilakukan dengan cara tradisional dan caranya lain dari pada yang lain, walau bahannya sama-sama terbuat dari kacang tanah. Pembuatan kacang Sihobuk dimulai dari pemilihan kacangnya yang dipilah dari kacang yang paling bagus, kemudian dengan tanpa dikuliti kacang tersebut dimasak dengan cara khusus. Caranya adalah dimasak di dalam kuali besar yang sudah diisi dengan pasir, kacang tanah diaduk dan digongseng bersama pasir hingga matang dan garing. Setelah sekian waktu dimasak dengan api sedang, kacang akan matang dengan merata dan kemudian kacang tanah diangkat dari kuali besar untuk didinginkan dan kemudian dikemas. Kemasan yang sudah terkenal dari Sihobuk adalah kemasan yang  berwarna merah putih, dan diberi label nama Kacang Sihobuk. Rasanya yang garing dan gurih merupakan ciri khas dari kacang ini.

Bagi anda yang sedang melakukan perjalanan atau berwisata di Danau Toba, khususnya saat berada di kota Tarutung jangan sampai lupa untuk membelinya baik buat oleh-oleh atau untuk dinikmati dalam perjalanan. Perjalanan akan terasa menyenangkan ditemani dengan gurihnya rasa kacang dari Sihobuk ini.

Baca juga Wisata Pemandian Air Soda Sirara Tarutung di sini.

Namun jika anda berkunjung ke Samosir, Anda akan melihat banyaknya kios-kios yang menjajakan kacang Sihobuk disepanjang perjalanan menuju Danau Toba, mulai dari Pematang Siantar, Sibolga dan Tarutung, banyak pedagang menjajakkan kacang khas Sumatera Utara ini. Karena memang rasanya enak dan gurih penjualan kacang ini sudah sedemikian jauh berkembang.

Maka jangan lupa membeli dan merasakan makanan khas batak yang satu ini, jika ditanya rasa dan garingnya sih, Kacang Sihobuk tidak ada duanya. Berbeda dengan kacang yang dijual di tempat lain kacangnya memiliki  rasa yang berbeda dan lebih gurih. Beditulah rasanya kacang sihobuk yang menjadi oleh-oleh khas dari Toba.

Lewat ke baris perkakas