Ada sebuah lagu mengenai barisan pulau-pulau di Indonesia yang menyebut sebuah kota yang ada di Pulau Weh, yakni kota Sabang dilanjutkan gabaran mengenai nusantara yang terdiri dari jejeran pulau-pulau sepanjang lebih dari 5.200 km hingga ke ujung timur Merauke di Papua. Pulau Weh dalam bahasa lokal artinya terpisah, merupakan daerah paling barat dari wilayah Indonesia, seperti terpisah jauh dari pulau lainnya. Pulau Weh diapit oleh Samudera Hindia, Selat Malaka dan Laut Andaman, sehingga seperti hamparan lautan yang demikian luas di bagian utara dari pulau ini.

Kota Sabang merupakan sebuah kota kecil dengan penduduk yang tidak terlalu banyak, sehingga kondisi kota ini tidak begitu ramai memiliki pelabuhan bernama Pelabuhan Balohan. Terdapat banyak sekali obyek wisata yang menrik di Pulau ini, seperti suguhan pemandangan Teluk Sabang dengan hamparan laut biru luas dan bukit-bukit yang hijau. Ada juga pemandangan bawah laut yang menjadi tempat menyelam bernama Batee Tokong, yang menawarkan ketentraman bawah laut yang hening dengan ikan-ikan berwarna warni berenang di antara terumbu karang, ubur-ubur, penyu seperti sebuah akuarium berukuran raksasa.

Pulau Weh

Batee Tokong

Selain itu terdapat juga tempat penyelaman yang lain yang berada diantara Teluk Krueng Raya dan Iboih, dimana terdapat suatu yang menakjubkan di bawah laut. Anda bisa menikmati gelembung-gelembung yang keluar dari permukaan bawah laut yang merupakan hasil aktifitas gunung api bawah laut. Gelembung udara keluar dari celah dasar laut bersama panas yang menghangatkan air laut.

Terdapat Gunung Jaboi yang merupakan puncak sebuah gunung vulkanis yang masih mengeluarkan asap dan lava bercampur bau belerang. Lokasi ini tidak terlalu lauh dari lokasi gelembung bawah laut tersebut.

Sebuah pantai berpasir putih yang panjang dikenal dengan nama Pantai Sumur Tiga menjadi tempat yang santai untuk susur pantai sambal menghirup udara laut yang segar. Atau juga Anda bisa menikmati ketenangan suasana di sebuah danau yang bernama Danau Aneuk Laut yang dikeliling oleh pepohonan tropis. Disekitar Danau ini Anda bisa melihat sebuah air terjun yang dinamakan dengan Air Terjun Pria Laot yang merupakan air terjun terbaik di Pulau Weh. Atau pergi berperahu ke Pulau Rubiah untuk menyelam meresapi indahnya pemandangan dalam laut.

 

 

Terdapat sebuah resor yang bisa menjadi tempat persinggahan Anda menikmati suasana, lokasinya berada di bagian tenggara Kota Sabang nama resor ini adalah Anoi Itam di pinggir tebing Kampong Anoi Itam. Dari sini Anda bisa memandang ke arah Pulau Sumatera yang terhampar terhadap pandangan mata yang melihat ke arah laut.

 

Kota Sabang yang begitu dekat dengan Selat Malaka akan menjadi tempat transit dan embarkasi kapal cruise dan kapal yach yang ber;ayar di selat Malaka yang berangkat dari Eropa menuju Australia dan sebaliknya. Hal ini akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Berkeliling Pulau Weh akan membawa pengalaman yang asyik bagi Anda, apalagi jika Anda berkesempatan berkelana dengan motor trail menuju bagian terbarat. Anda akan menemui sebuah kampung bernama Gampong Maulingge dengan penduduk yang kebanyakan hidup sebagai nelayan atau petani.

Sekarang juga ada event yang diadakan setiap tahunnya dengan beragam kegiatan bahari dan bawah laut. Event ini diberi nama Sail Sabang dengan serangkaian acara, yang pada tahun 2017 direncanakan dilaksanakan dari tanggal 28 Oktober hingga 5 Desember.

Tentunya datang merasakan gelembung-gelembung dari gunung api bawah laut dan menikmati berenang dengan berbagai ikan hias yang berbagai warna akan mengundang Anda datang ke Pulau Weh.

Lewat ke baris perkakas