Mata Air 7 Rasa Atau Aek Sipitu Dai

  • Mata-Air-7-Rasa-Atau-Aek-Sipitu-Dai
  • Mata-Air-7-Rasa-Atau-Aek-Sipitu-Dai2
  • Mata-Air-7-Rasa-Atau-Aek-Sipitu-Dai3
  • Mata-Air-7-Rasa-Atau-Aek-Sipitu-Dai4
  • Mata-Air-7-Rasa-Atau-Aek-Sipitu-Dai5
  • Mata-Air-7-Rasa-Atau-Aek-Sipitu-Dai6
  • Mata-Air-7-Rasa-Atau-Aek-Sipitu-Dai7

Place Category: DestinasiPlace Tags: Hiking, Water Spring, and wisata alam

Profile
Profile
Photos
Map
Reviews
Related Listing
  • Mata Air 7 Rasa atau Aeks Sipitu Dai terletak di Pulau Samosir tepatnya Desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir. Lokasi wisata ini termasuk rame oleh pengunjung. Ditempat ini terdapat pancuran 7 mata air dengan air yang keluar dari masing-masing mata air mempunyai rasa yang berbeda. Sebagian orang percaya air yang keluar dari mata air ini dapat menyembuhkan penyakit.
    Ke tujuh pancuran itu mempunyai nama masing-masing dan khasiat  berbeda sesuai dengan penamaannya. Misalnya Aek Poso khusus tempat ibu memandikan anak-anak yang belum punya gigi, Paridian Sibaso adalah tempat membantu persalinan, Paridian Pangulu tempat pemandian kaum lelaki yang berusia lanjut, Paridian Doli-doli merupakan pemandian lelaki muda yang merupakan keturunan Guru Tetea Bulan, Paridian Hela dipakai kaum laki-laki (menantu) yang memperistri wanita keturunan Guru Tetea Bulan.

     

    Keanehan air dari Aek Si Pitu Dai atau mata air 7 rasa ini adalah dimana dari ke tujuh air pancuran masing-masing mempunyai rasa yang berbeda satu sama lain, walau sebelum keluar dari tujuh buah pancuran airnya melalui satu Labuan (bak panjang). Sementara air di bak panjang ini berasal dari 7 mata air yang alirannya menyatu dalam Labuan sebelum keluar dari masing-masing pancuran.

     

    Namun di lokasi tempat wisata ini  masih kurang memadai sarana seperti tempat parkir yang tidak tersedia. Juga tidak ada fasilitas tempat makan buat pengunjung yang muslim. Buat Anda yang muslim sebaiknya menyiapkan nasi bungkus sebelum datang ke tempat ini sehingga pada saat di sini tidak menjadi terlambat makan. Memang tempat ini belum dikelola secara intensif sebagai tujuan wisata, namun diharapkan dengan semakin ramainya tempat ini dikunjungi diharapkan objek wisata ini bisa diperbaharui agar lebih mendukung wisatawan yang berkunjung ke sana.

  • No Records Found

    Sorry, no records were found. Please adjust your search criteria and try again.

    Google Map Not Loaded

    Sorry, unable to load Google Maps API.

  • Leave a Review

    Your email address will not be published. Required fields are marked *