Pusat Oleh-oleh Pasar Souvenir Tomok

  • Pusat-Oleh-oleh-Pasar-Souvenir-Tomok
  • Pusat-Oleh-oleh-Pasar-Souvenir-Tomok1
  • Pusat-Oleh-oleh-Pasar-Souvenir-Tomok2
  • Pusat-Oleh-oleh-Pasar-Souvenir-Tomok3
  • Pusat-Oleh-oleh-Pasar-Souvenir-Tomok4
  • Pusat-Oleh-oleh-Pasar-Souvenir-Tomok5
  • Pusat-Oleh-oleh-Pasar-Souvenir-Tomok6
  • Pusat-Oleh-oleh-Pasar-Souvenir-Tomok7
  • Pusat-Oleh-oleh-Pasar-Souvenir-Tomok8

Place Category: DestinasiPlace Tags: Batak, kerajinan, oleh-oleh, pasar tradisional, souvenir, and ulos

Profile
Profile
Photos
Map
Reviews
Related Listing
  • Pasar Souvenir Tomok adalah pusat belanja oleh-oleh bagi yang berwisata ke Pulau Samosir di Danau Toba.

     

    Sentra oleh-oleh ini sudah lama berdiri dan sudah terkenal sejak lama seiring dengan perkembangan wisata di Tomok dan Tuktuk.

     

    Di sini terdapat ratusan kios yang berjejer di sepanjang jalan yang menjual berbagai cinderamata seperti baju, ulos, patung, gelang, gantungan kunci dan berbagai benda lainnya. Cinderamata atau souvenir yang dijual disini memiliki motif dan warna khas Batak, yakni merah, putih, hitam.

     

    Harga barang-barang cinderamata di Pasar Tomok ini cukup murah,  dibandingkan dengan sentra oleh-oleh lain yang ada di Pulau Samosir dan Parapat namun saat membeli Pengunjung harus pintar-pintar menawar agar mendapatkan harga terbaik.

     

    Kios-kios tersebut berjejer hingga kurang lebih satu kilometer. Letaknya tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Tomok, sehingga sesaat Anda turun dari penyeberangan ferry Anda bisa langsung menuju pasar oleh-oleh ini.

     

    Bagi wisatawan yang berlibur di Tomok, jangan lupa untuk berbelanja oleh-oleh dipasar Souvenir Tomok untuk membawa pulang berbagai macam souvenir untuk oleh-oleh buat keluarga dan rekan-rekan.

     

    Macam-macam Souvenir

     

    Cinderamata yang dijual di pasar ini sangat beragam yang umumnya meupakan berbagai bentuk kerajinan Batak.

     

    Kain tenunan tangan tradisional, ukiran kayu hingga kaos dengan tulisan Lake Toba, Lake Samosir, Love Lake Toba bisa menjadi pilihan buat tanda mata bagi wisatawan.

     

    Ada juga aksesori yang merupakan hasil kreativitas dari bahan sederhana berbentuk kalung, gelang, gantungan kunci dan tas.

     

    Berbagai miniatur rumah adat batak dengan motif khas gorga biasanya menjadi incaran para turis asing sebagai cideramata untuk dibawa pulang ke negaranya, karena merupakan seni yang istimewa dan sangat unik dengan unsur budaya Batak.

     

    Ukiran khas batak lainnya seperti cicak kayu yang biasanya dijadikan pajangan dinding merupakan simbol budaya orang Batak yang memiliki sifat yang mudah berbaur dalam lingkungannya.

     

    Terdapat juga kalender Batak yang merupakan kalender yang biasanya terbuat dari kayu atau bambu terdiri dari 12 bilah yang menunjukkan bulan dalam tahun.  Kalender Batak itu pada waktu dahulu sering digunakan untuk melihat hari baik bagi penentuan acara-acara besar.

     

    Selain jenis-jenis barang disebut di atas ada juga barang lain yang banyak diincar wisatawan seperti ikat pinggang batak atau ikat kepala khas batak. Ikat pinggang Batak ini terbuat dari benang tebal yang menggabungkan warna merah, putih dan hitam untuk membentuk satu motif Batak.

     

    Jadi, jangan lupa singgah di Pasar Souvenir Tomok saat berliburan dan wisata ke Pulau Samosir Danau Toba.

     

    Horas….

     

  • No Records Found

    Sorry, no records were found. Please adjust your search criteria and try again.

    Google Map Not Loaded

    Sorry, unable to load Google Maps API.

  • Leave a Review

    Your email address will not be published. Required fields are marked *