Mencicipi Kopi Lintong, Minuman Khas Toba dengan Cita Rasa Dunia

Berkunjung ke Danau Toba, Sumatera Utara, belum lengkap jika belum memadukan keindahan alamnya dengan kenikmatan secangkir kopi. Ada salah satu kopi yang sangat populer di Sumatera Utara yang berasal dari tanah Toba ini, yaitu Kopi Lintong.

Kopi Lintong adalah kopi yang berasal dari bagian utara Sumatera Utara, yaitu Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara. Kopi Lintong adalah kopi premium yang banyak disukai di dunia. Kopi ini merupakan salah satu dari tiga kopi terlaris di dunia selain Kopi Madailing dan Aceh Gayo.

Sejarah Kopi Lintong

Dilansir dari laman pesona.travel, pada tahun 1750 silam, perusahaan dagang milik Belanda (VOC) membawa varian biji kopi ke Sumatera. Kemudian pada sekitar tahun 1800-an, di Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, biji kopi yang awalnya dibawa oleh Belanda tersebut mulai ditanam oleh masyarakat sekitar.

Kopi tersebut adalah kopi jenis Arabika. Bibit kopi Arabika ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian di atas 1.000 meter di atas permukaan laut. Oleh masyarakat setempat, kopi Arabica ini biasa disebut dengan Lasuna, Garunggang, atau Djember.

Awal Mula Nama Kopi Lintong Ni Huta

011 tantri setyorini

Pexels

Kopi ini kemudian dikenal dengan Kopi Lintong Ni Huta. Meski populer dengan nama tersebut, namun Kopi Lintong bukanlah nama jenis atau spesies seperti kopi Robusta dan Arabika, tetapi nama ini adalah nama yang dipilih oleh masyarakat sekitar sebagai sebuah brand atau merek dagang yang dijual ke pasar domestik dan mancanegara. Nama Kopi Lintong ini diambil dari nama kecamatan Lintong Nihuta.

Cita Rasa Khas Kopi Lintong

Dilansir dari laman medium, Kopi Lintong ini memiliki tekstur yang halus dan berbau tajam. Inilah yang menyebabkan Kopi Lintong menjadi salah satu kopi yang paling laris.

Kopi ini diproses dalam dua cara yaitu proses semi-washed dan dry-processed. Biji kopinya akan mengeluarkan rasa tanah dan rempah. Kopi Lintong arabika memiliki aroma khas spicy, herba, rempah serta kacang atau cokelat. Hal ini merupakan keunikan tersendiri biji Kopi Lintong sehingga membuatnya menjadi satu dari kopi yang paling dicari diantara jenis kopi yang ada di dunia.

Menembus Pasar Internasional

015 tantri setyorini

Pexels

 

Kualitas Kopi Lintong sudah sangat terkenal hingga ke mata dunia. Di pasar internasional, Kopi Lintong dikenal dengan nama seperti Sumatra Blue Lintong, Sumatra Lintong Mandheling, Blue Batak, Sumatra Bean Coffee, dan banyak lagi.

Kopi ini juga telah menarik perhatian dari beberapa negara, yaitu seperti Belanda, Jerman, Rusia, dan Amerika. Beberapa negara Asia seperti Jepang dan Korea juga banyak yang tertarik dengan jenis kopi ini.

Ditanam di ketinggian dan kontur tanah yang ideal menjadikan Kopi Lintong ini berkualitas terbaik bahkan di mata Internasional.

 

sumber: merdeka.com

Leave a Reply

Skip to toolbar