Mie Gomak Makanan Khas Batak

Mie gomak adalah makanan khas Batak Toba yang berbentuk seperti spaghetti. Mie ini berukuran besar menyerupai spageti dan biasa disajikan dengan kuah atau bumbu kacang. Penyebutan nama mie gomak asalnya karena mie ini diambil dengan digomak atau menggunakan tangan. Mie gomak kuah disajikan dengan pilihan dua macam kuah. Yang pertama adalah kuah santan yang berasa agak tawar yang disatukan dengan mie dan yang kedua berwarna merah dan terpisah dari mie sehingga bisa ditambah sesuai dengan selera masing-masing.  Dalam kuah yang berwarna merah ini dicampur cabai, andaliman, serta bumbu-bumbu lainnya menjadi racikan rahasia pedasnya mie gomak yang khas sekali. Semakin banyak Anda menambahkan kuah merah ini, semakin nendang rasa pedasnya.

Seperti disebut sebelumnya diaras mengenai kenapa namanya disebut dengan Mie Gomak ? Alasanannya adalah karena mie ini di Gomak (bahasa batak artinya digenggam) menggunakan tangan saat akan disajikan ke atas piring lalu kemudian disiram dengan kuah santan dengan bumbu “andaliman” yang merupakan sejenis bumbu penyedap khas yang tumbuhnya hanya ada di daerah Tapanuli. Bagi yang suka rasa pedas bisa menambahkan kuah merah sebanyak yang dimaui sesuai dengan selera masing-masing.

Sebelum dimasak mie ini bentuknya keras seperti lidi, namun setelah direbus bentuknya menjadi lunak, sehingga seringkali mie ini disebut juga sebagai spagheti Batak karena bentuknya mirip dengan spagheti yang merupakan makanan khas dari Italia. Selain dihidang dengan kuah, ada juga yang diolah lagi dengan digoreng kemudian diberi sambal khas Batak, yaitu sambal andaliman yang rasanya pedas getir-getir.
Jika ingin menikmatinya jangan kuatir dengan masalah harga karena hanya dengan merogoh saku dengan uang sebesar Rp. 5.000 anda telah dapat menikmati spaghetti Batak ini. Jadi, apabila sedang berwisata di kota Balige, jangan lupa mencari makanan ini dan menikmati  spagheti batak atau Mie Gomak ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *