Na Tinombur adalah makanan khas Batak yang terbuat dari ikan yang dibuat dengan cara dibakar. Jenis ikan yang biasa dibuat menjadi masakan ini bisa dari berbagai macam ikan seperti ikan mas, ikan mujahir atau ikan lele. Namun yang paling sering dibuat masakan na Tinombur adalah jenis ikan lele, mungkin karena daging ikan lele cukup tebal.

Ikan yang sudah dipanggang atau dibakar dihidang bersama bumbu khusus, disajikan seperti penyajian pecel lele atau lele penyet. Perbedaannya adalah racikan bumbunya karena bumbu untuk masakan na tinombur terdiri dari kacang tanah sangrai, kemiri yang disangrai, cabe rawit, jahe, bawang merah, bawang  putih, tomat kelereng daun jeruk, ebi atau terasi dan tidak lupa andaliman. Semua bumbu tersebut digiling dan dihaluskan kemudian di tumis.

Bumbu yang sudah matang dilumuri ke atas ikan yang sudah dibakar dan siap untuk dihidang. Olahan bumbu ini yang disebut sebagai tombur. Rasanya sangat nikmat dan khas. Na Tinombur adalah masakan khas dari Tapanuli yang terbuat dari ikan dan diberi Tombur (bumbu giling).