Pemandian air panas Tarutung  adalah mata air panas yang dihasilkan akibat keluarnya air tanah dari kerak bumi setelah dipanaskan secara geotermal yang berlokasi di daerah Tarutung. Air yang keluar suhunya di atas suhu tubuh manusia, namun sebagian mata air panas mengeluarkan air bersuhu hingga di atas titik didih. Air yang keluar dari mata air panas dipanaskan oleh panas bumi. Sehingga kebanyakan mata air panas muncul di daerah yang memiliki potensi geotermal atau panas bumi.

Air panas dapat melarutkan kandungan mineral dari lapisan batuan, sehingga air dari mata air panas mengandung kadar mineral tinggi, seperti kalsium, litium, atau radium. Mandi berendam di dalam air panas bermineral dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena alasan tersebut, orang membangun pemandian air panas dan spa untuk tujuan rekreasi dan pengobatan.

Di kawasan kota Tarutung terdapat beberapa obyek wisata air panas yaitu Air panas Hutabarat, Air panas Sipoholon, Air panas Sait Ni Huta dan Air panas Ugan. Sumber air panas di obyek wisata tersebut terjadi secara alami yang merupakan hasil pemanasan geotermal yang ada di dalam tanah.

Lokasi-lokasi Pemandian Air Panas Tarutung

Berikut lokasi-lokasi permandian air panas yang ada di Tarutung

PEMANDIAN AIR PANAS SIPAHOLON

Bagi masyarakat Sumatera Utara, sumber air panas Sipoholon ini sudah sangat terkenal, apalagi lokasinya dilewati oleh jalur Lintas Sumatera. Obyek wisata yang satu ini cukup unik terletak di daerah Parbabu Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. Di sana anda bisa menikmati sumber air belerang yang mirip dengan hamparan salju panas yang punya khasiat kesehatan dan merupakan suatu tempat wisata yang menakjubkan pemandangannya.

Sumber Air Panas Sipoholon berada di daerah perbukitan kapur. Suhu air yang dihasilkan oleh perbukitan kapur ini cukup tinggi, yaitu bisa mencapai sekitar 70 derajat Celsius. Karena air ini dari perbukitan kapur, air yang terdapat pada kolam pemandian ini mengandung soda dan sulfur yang dipercaya oleh masyarakat setempat dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Selain dapat menikmati hangatnya mata air alami di Sipoholon, di sini Anda juga bisa menikmati pemandangan perbukitan kapur yang menakjubkan. Jika Anda naik ke atas perbukitan kapur tersebut, Anda bisa melihat air panas yang membentuk ukiran alami batu kapur. Diatas bukit kapur itulah sumber-sumber mata air panas itu berasal yang mengalir dari arah Gunung Martimbang yang terletak tidak jauh dari lokasi. Air panas dari bukit kapur ini selalu mengalir sehingga tidak ada endapan air di setiap kolam pemandian yang sengaja dibangun oleh warga untuk digunakan oleh wisatawan yang berkunjung yang ingin berendam air panas.

Lihat lokasi permandian air panas Sipoholon disini!

Masyarakat yang tinggal di sekitar pemandian air panas Sipoholon ini juga memanfaatkan bukit kapur di sini sebagai tempat untuk menambang kapur. Sedangkan sebagian masyarakat lain membuat kolam – kolam yang dimanfaatkan sebagai tempat pemandian air panas

AIR PANAS HUTABARAT

Pemandian air panas yang terletak di Hutabarat menawarkan konsep yang berbeda dengan permandian air panas yang ada di Sipoholon. Pemandian air panas ini berbentuk kolam permandian yang dilengkapi dengan kamr mandi dan kafe untuk tempat menikmati makanan ringan sambil santai. Untuk masuk ke lokasi permandian ini dikenakan biaya yang lumanyan murah. Bagi pengunjung yang datang dengan kenderaan juga disediakan lapangan parkir yang lumayan memadai.

AIR PANAS UGAN

Pemandian air panas ini berada di Desa Ugan yang berjarak sekitar 4 kilometer tepat di pinggir jalan lintas Sibolga-Tarutung. Pemandian air panas Ugan dipercaya memiliki khasiat dapat menghilangkan rasa capek dan penat di badan, juga menyembuhkan gatal-gatal atau penyakit kulit di badan. Perbedaan dengan permandian air panas lainnya di Tarutung, pada permandian air panas Ugan aroma belerang yang tercium tidak terlalu menyengat dan suhu panas yang dihasilkan juga tak sepanas pada air panas lainnya.

Pemandian air panas Ugan dikelola secara swadaya oleh warga kampung. Pemandian Ugan hanya berbentuk pancuran air panas dimana aliran air dialurkan dari sumber mata air dengan sebuah pipa berukuran besar yang terhubung ke dua tempat pemandian terpisah yakni pemandian pria dan wanita berbentuk beberapa pancuran.

Itulah lokasi-lokasi permandian air panas Tarutung yang sudah dikenal dan sering dikunjungi wisatawan untuk menikmati air panas alami.

Lewat ke baris perkakas