Profile
Profile
Photos
Map
Reviews
Related Listing
  • Pelabuhan Gunung Sitoli terletak di Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, berada di pantai barat Pulau Nias berjarak lebih kurang 80 mil dari Pelabuhan Sibolga.

     

    Pelabuhan ini menjadi pintu gerbang untuk menuju Pulau Nias baik sebagai jalur masuk maupun untuk jalur keluar. Pulau Nias masih banyak berharap dan bergantung dari wilayah Sibolga dan Provinsi Sumatera Utara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti berras, sayur-sayuran dan lain-lain.

     

    Sementara pelabuhan ini menjadi jalur pengiriman komoditi karet, kelapa dan minyak nilam yang dihasilkan di pulau Nias. Pelabuhan Gunungsitoli merupakan gerbang utama keluar masuk berbagai barang komoditi dan kebutuhan masyarakat Nias, selain pelabuhan yang berada di Teluk Dalam Nias Selatan. Sekitar ± 3 (tiga) km dari pusat Kota Gunungsitoli terdapat Pelabuhan Laut yaitu Pelabuhan Angin Gunungsitoli. Setiap harinya melayani berbagai kapal yang melayani route Gunungsitoli-Sibolga, Gunungsitoli-Padang serta lainnya.

    Pelabuhan Gunung Sitoli ini juga menjadi jalur masuk kunjungan wisata ke Pulau Nias. Pulau Nias memiliki berbagai obyek wisata terutama wisata bahari seperti pantai Lagundri, Kabupaten Nias Selatan yang merupakan salah satu pantai terbaik di dunia untuk olah raga selancar air atau surfing.

     

    Jenis Kapal

    Jenis-jenis kapal yang dominan di Pelabuhan Gunungsitoli, tiga unit Kapal Ferry ASDP Route Gunungsitoli-Sibolga, setiap harinya masuk di pelabuhan Gunungsitoli. Kemudian sekali dalam
    Kapal PT Pelni pelayaran keliling, masuk sekali dalam sebulan. Kapal Kargo route Gunungsitoli-Padang mengangkut semen serta Kapal Landing LCT Jayanti-I dan Niaga Jaya 99, masuk setiap hari.

    Salah satu yang menjadi kendala dermaga Gunungsitoli ketika angin bertiup dari Timur atau dari Barat, kapal-kapal sangat sulit untuk bersandar di pelabuhan.

     

    Sejarah Pelabuhan Gunung Sitoli

    Pada masa Kolonial Belanda Pelabuhan Gunungsitoli yang terletak di Moawo (1864) dipindahkan ke dalam pusat kota yang terletak di Kelurahan Pasar (1926) dan pada tahun 1980 pelabuhan Gunungsitoli kembali dipindahkan di Kelurahan Labuhan Angin.

  • No Records Found

    Sorry, no records were found. Please adjust your search criteria and try again.

    Google Map Not Loaded

    Sorry, unable to load Google Maps API.

  • Leave a Review

    Your email address will not be published. Required fields are marked *