Saksang adalah masakan yng umum dihidangkan dalam setiap pesta orang Batak baik acara adat pernikahan, acara adak kematian dan pesta adat lainnya. Makanan ini wajib dihidang pada saat acara makan acara adat tersebut. Saksang dibuat dengan bahan dasar daging babi, selain itu ada juga yang mengolah daging anjing menjadi masakan saksang. Namun jika dalam acara adat disediakan juga masakan lainnya yang halal yang diistilahkan dengan parsubang. Dalam acara pesta adat parsubang artinya orang yang tidak memakan makanan non halal seperti daging babi dan lain-lain. Selain saksang dalam acara adat biasa juga dihidangkan ikan mas arsik dan ayam natinombur.

Ciri utama masakan ini memiliki aroma yang harum dengan rasa pedas yang khas karena diberi bumbu andaliman, selain itu bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai, kunyit tua, ketumbar, cabe merah, daun jeruk, cabe rawit dan garam yang seluruhnya digiling dan dihaluskan kecuali ketumbar. Semua bumbu ditumis hingga harum kemudian daging babi dicampurkan dan diaduk hingga merata dan diberi garam. Umumnya setelah hampir matang dimasukkan darah babi ke dalam masakan yang memberi tekstur khas.

Bagi yang tidak mau makan darah, bisa digantikan dengan kelapa gongseng untuk mendapatkan tekstur yang hampir sama. Jadi bagi yang tidak memakan darah bisa menikmati masakan saksang juga. Memang ciri khas masakan saksang ini adalah campuran darah dan aroma bumbu andaliman yang membuat rasanya enak dan nikmat disantap dengan nasi panas.

Bila Anda berwisata di Kawasan Danau toba Anda bisa mendapatkan di lapo-lapo atau warung batak yang banyak tersebar disekitar Parapat, Tuktuk, Balige, Tarutung. Namun saat ini di Jakarta sudah banyak juga dibuka lapo-lapo untuk menikmati masakan saksang. Namun akan lebih terasa nikmat jika Anda bisa menikmatinya dengan suasana wisata Danau Toba yang memiliki pemandangan alam yang indah dan permai. Selain saksang Anda juga bisa menikmati masakan khas Batak lainnya seperti ikan mas arsik dekke naniura, manuk napinadar, atau natinombur. Memang di Kawasan Danau Toba kaya dengan masakan khas Batak yang enak-enak.