Daun Ubi Tumbuk menjadi sayur favorite yang sering ada di rumah makanan Batak. Konon daun ubi menjadi sayur yang paling mudah untuk didapatkan karena hanya meletakkan kayunya saja akan muncul tunas-tunas daun ubi. Untuk membuatnya tidak terlalu susah, daun ubi ditumbuk dicampur dengan cabe, bawang merah dan bawah putih dan jangan lupa buah rimbang. Buah rimbang ini menjadi ciri khas daun ubi di daerah Batak. Karena jika dimasak rasanya jauh lebih enak dibanding dimakan mentah. Ditumbuk bersamaan dan bisa menambahkan 1-2 batang serai. Semua bahan direbus dan setelah hampir matang dicampur dengan santan.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat daun ubi tumbuk khas Medan ini yaitu, Daun singkong/ubi 1 ikat, Kecombrang/Kincong/hoje, takokak, Laos/tengkuak, cabai rawit, serai, daun salam, bawang putih , bawang merah , Jahe, garam , Santan.

Lalu untuk membuatnya, siapkan semua bahan-bahan yang di butuhkan , lalu di haluskan bawang merah dan bawang putih juga, cabai rawit, ebi dan jahe. Tambahkan takokak,kincong dan daun ubi, lalu tumbukan kasar dan memastikan semua campur rata. Selanjutnya siapkan air yang telah di panaskan di dalam panci kemudian masukkan lengkuas/laos , daun salam dan serai. Lalu jangan lupa untuk menambahkan garam secukupnya dan tunggu hingga mendidih. Masukkan daun ubi yang telah di tumbuk dan masak hingga setengah matang , air mulai mengering juga dan lalu masukkan santan. Kemudian, aduk terus secara perlahan dan terus menerus untuk menghindari santan pecah. Terakhir, masukkan tomah dan aduk hingga daun ubi dan seluruh bumbu matang sempurna, lalu angkat dan sajikan.

Rasa sayuran ini sungguh enak dan lezat. konon katanya dahulu daun ubi ini sebenarnya hanyalah untuk para raja-raja Batak saja. Ini ditumbuk dengan menggunakan lesung kayu dan tidak boleh berlama-lama suapaya agar aroma yang dari daun ubi ini tetap terasa harumnya.

Lewat ke baris perkakas