Profil
Profil
Foto-foto
Peta
Ulasan
Listing Terkait
  • Air Terjun Hatonduhan adalah sebuah air terjun yang lokasinya berada di dalam kawasan perkebunan kelapa sawit di daerah Simalungun. Tepatnya berada di Desa Buntu Bayu, Kecamatan Tonduhan, Kabupaten Simalungun, air terjun ini memiliki pemandangan yang cukup menarik.  Sekilas bentuk air terjun ini mirip dengan air terjun Sipisopiso di tanah Karo, namun ukurannya lebih pendek karena air terjun Sipisopiso lebih tinggi dan merupakan air terjun tertinggi di Indonesia.

    Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan di bagian bawah air terjun karena sudah disediakan tangga untuk turun dari lokasi parkiran menuju dasar air terjun. Pemandangan dari bagian bawah air terjun tidak kalah indah karena dari sini Anda akan menikmati sebuah kolam yang terbentuk di bagian dasar air terjun. Air mengalir ke dalam kolam dengan suara bergemuruh, dihembus angin sepoi-sepoi yang terasa menyejukkan. Aliran air terjun seperti terbelah dua turun dari bagian atas memasuki kolam di bawah dimana Anda bisa menikmati bermain airnya yang jernih dan segar. Jika Anda berdiri didekat air terjun Anda akan menikmati sensasi embun di permukaan kulit karena hembasan air yang jatuh seperti menghasilkan embun yang melayang disekitar air terjun.

    D bagian bawah Air Terjun Hatonduan yang berbentuk kolam ini Anda bisa berenang bercengkrama dengan air sambil memandang tebing-tebing batu yang ada di kiri kanan air terjun yang memberikan pemandangan yang mengagumkan mata. Terdapat batu-batu berukuran besar yang membentuk lukisan alam yang sangat indah. Buat pecinta fotografi akan menantng sekaliuntuk mendapatkan frame yang bagus dari potret air terjun ini.

    Air Terjun Tonduhan ini berada disebuah kawasan perkebunan kelapa sawit sehingga saat mendatangi lokasinya mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijaunya daun-daun kelapa sawit. Untuk tiba di lokasi ini Anda bisa menempuh perjalanan dari kota Medan Melewati kota Siantar yang merupakan ibukota Kabupaten Simalungun. Dari kota Siantar perjalanan dilanjutkan sejauh 33 km lagi, diperkirakan perjalanan menuju lokasi sekitar 3 jam dari kota Medan. Tiba di lokasi air terjun tidak sulit untuk mendapatkan tempatnya karena sudah tersedia papan menunjuk lokasi yang terlihat dengan jelas di pinggir jalan. Jalan yang ditempuh ke lokasi sudah dalam kondisi beraspal dengan kondisi yang baik.

    Fasilitas yang tersedia di dekat lokasi air terjun terdapat sebuah rumah makan yang bisa menjadi tempat mengisi perut jika Anda merasa lapar, tempatnya tidak terlalu jauh dari lokasi air terjun, hanya skeitar 400 meter saja.

    Air terjun Hatonduan adalah salah satu tempat wisata alam di Simalungun yang bisa menjadi pilihan untuk bersantai yang memiliki pemandangan yang indah dan eksotis. Lokasi ini menjadi obyek wisata pilihan diantara obyek wisata lain di Simalungun yang cukup banyak pilihannya. Karena Simalungun tidak hanya memiliki danau di tengah kebun teh, Simalungun juga punya air terjun eksotis di kawasan perkebunan kelapa sawit yakni Air Terjun Tonduhan.

  • Listing Tidak Ditemukan

    Maaf, listing yang Anda cari tidak ditemukan. Harap ulangi pencarian dengan kriteria yang berbeda.

    Gagal Memuat Peta Google

    Maaf, API Peta Google gagal dimuat.

  • Tulis Ulasan:

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *