Profil
Profil
Foto-foto
Peta
Ulasan
Listing Terkait
  • Danau Linting adalah sebuah danau yang berada di Desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang merupakan sebuah danau yang unik dengan airnya berwarna biru kehijauan atau biru toska. Danau yang memiliki luas sekitar satu hektar ini berwarna hijau karena mengandung belerang karena adanya kegiatan magma sehingga airnya cukup panas.

     

    Danau ini menjadi wisata air panas yang cukup unik dan sangat jarang ditemukan di daerah lain. Suhu air danau ini sekitar 30 derajat celcius yang menjadi keunikan dibandingkan danau-danau lain. Menurut warga setempat yang tersebar dari mulut ke mulut sebelumnya lokasi ini dahulu merupakan sebuah bukit, namun setelah terjadi sebuah kejadian gempa yang cukup dahsyat terbentuklah sebuah lubang yang akhirnya terisi air membentuk sebuah danau.

     

    Kedalaman danau Linting juga tidak diketahui dengan pasti karena belum ada data ukuran kedalaman airnya, konon pernah dilakukan pengukuran dengan alat yang ditenggelamkan. Saat alat ukur mencapai kedalaman 100 meter, ternyata belum dicapai dasarnya sehingga pengukuran tidak dilanjutkan. Oleh karena itu bagi wisatawan yang ingin berenang di danau ini disarankan untuk berhati-hati karena kedalaman air danau ini. Jika dilihat dari penampakan warna air danau yang kebiru-biruan membuktikan jika air danau ini memang sangat dalam.

     

    Di kalangan masyarakat setempat berkembang sebuah cerita dan kepercayaan yang dipegang oleh masyarakat setempat yang mengatakan jika danau ini dihuni oleh seorang putri yang cantic jelita. Maka oleh penduduk setempat setiap anak laki-laki dilarang untuk berenang di dalam air danau karena jika ada anak laki-laki sang putri akan membawanya ke dalam dasar danau. Selain itu terdapat larangan untuk berbicara kotor dan kasar di sekitar danau karena akan tidak disukai oleh penghuni danau.

     

    Di kawasan danau ini juga memiliki pemandangan yang cukup indah untuk dinikmati bersantai bersama teman-teman, karena dikelilingi oleh pepohonan yang menghijau mengelilingi pinggi danau yang berbentuk bulat. Pepohonan yang tumbuh di sekitar danau kelihatan sudah cukup tua menunjukkan danau ini masih terjaga keasrian alamnya.

     

    Cara Menuju Danau Linting

     

    Lokasi Danau Linting berada sekitar 70 kilometer dari kota Medan yang dapat ditempuh dalam waktu dua setengah jam. Ada dua jalur yang dapat ditempuh untuk menuju Danau Linting dari kota Medan. Jalur pertama adalah melewati Delitua dan Patumbak, perjalanan akan melewati hamparan sawah yang hijau dengan pemandangan perbukitan dikejauhan. Setelah melewati perkampungan Talun Kenas, Siguci, Kurajurung kemudian masuk Tiga Juhar dan Desa Durian IV Mbelang, Gunung Manumpak dan Perkampungan Sibunga-bunga lokasi Danau Linting.Jalur kedua adalah melewati Kecamatan Patumbak melewati Desa Talun Kenas, Desa Siguci, Kota Jurung dan kemudian masuk Desa Sibunga-bunga.

     

    Akses menuju danau Linting memang masih  kurang baik dengan kondisi jalan yang tidak rata, selain itu juga jalur jalannya melewati jalanan yang cukup terjal dengan material jalan yang berbatu, bahkan menjadi sangat licin saat hujan turun. Dengan lebar badan jalan yang  hanya dua meter perjalanan harus dilakukan dengan hati-hati namun Anda akan menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan, pohon-pohon besar dan hijau, dari jenis pohon pinus dan pohon kelapa yang tumbuh berjajar, membuat perjalanan menuju danau Linting tidak terasa melelahkan.

     

    Aktifitas dan Sarana Wisata di Danau Linting

     

    Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 Anda bisa menyewa tikar untuk digunakan duduk bersantai dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Atau Anda dapat menyewa pondok untuk beristirahat dengan harga sekitar Rp 25.000. Untuk menangkis lapar anda bisa membeli makanan diwarung-warung yang dibuka oleh penduduk local di sekitar danau.

     

    Bagi Anda yang ingin menginap disekitar danau Linting ada tersedia penginapan yang memadai untuk menginap yang letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi Danau. Hotel yang ada disana adalah hotel Semarak Internasional, Mikie Holiday Resort dan Hotel Deli River.

     

    Selain menikmati pemandangan alam yang sangat unik dan indah Anda bisa juga menikmati hangatnya berendam air danau di pinggir danau. Kandungan belerang di dalam air mempunyai efek yang baik bagi kesehatan badan terutama kesehatan kulit. Hangatnya air danau membuat badan akan mengalami relaksasi selama berendam sehingga bisa melancarkan peredaran darah, menghilangkan rasa lelah di badan dan mengurangi rasa pegal-pegal.

     

    Dengan suasana yang tenang dan  nyaman dan hembusan udara yang segar menjadikan danau Linting menjadi lokasi wisata yang cocok dan menarik untuk dikunjungi.

  • Listing Tidak Ditemukan

    Maaf, listing yang Anda cari tidak ditemukan. Harap ulangi pencarian dengan kriteria yang berbeda.

    Gagal Memuat Peta Google

    Maaf, API Peta Google gagal dimuat.

  • Tulis Ulasan:

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *