Profil
Profil
Foto-foto
Peta
Ulasan
Listing Terkait
  • Gunung Sibayak disebut juga sebagai Gunung Raja, merupakan sebuah gunung berapi aktif yang memiliki puncak dengan tinggi 2.095 m dari permukaan laut, terletak di Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Untuk mencapai lokasi ini, diperlukan waktu tempuh dengan kendaraan hanya sekitar 2 jam dari Kota Medan. Di dalam kawah Gunung Sibayak yang memiliki diameter 200 m, terdapat bebatuan yang mengeluarkan asap yang menunjukkan kegiatan magmatisme yang masih aktif.

     

    Untuk menuju puncak Gunung Sibayak jalur terdekat adalah jalur yangmelalui desa Raja Berneh (Semangat Gunung) Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Karo (60 KM dari Kota Medan) . Perjalanan melalui desa itu sangat indah yang mempertontonkan panorama alam dengan hamparan perkebunan sayur-sayuran,  tanaman hias dan buah-buahan. Kehidupan penduduk di kawasan ini adalah bercorak masyarakat agraris, yang masih berpegang pada tradisi leluhur dengan kehidupan sosial yang multikultural.

     

    Di sepanjang perjalanan menuju Gunung Sibayak, di jalan yang dilalui akan terlihat pemandangan dengan cirin tradisional, berupa rumah-rumah adat Batak Karo yang sebagian cukup tua, bahkan ada yang telah berusia sekitar  250 tahun. Di kaki  Gunung Sibayak terdapat sumber air panas yang sering didatangi para pengunjung menjadi tempat wisata. Uap airnya mengandung belerang yang cukup tinggi, sehingga saat melewatinya akan tercium dan terasa agak menyengat. Kondisi  alamnya masih natural, dipenuhi pepohonan bambu dan rotan.

     

    Para pendaki yang akan menuju arah puncak, dapat melewati jalan setapak sebagai jalur resmi  pendakian. Terdapat juga jalur pendakian lainnya dari kota Berastagi. Kota Berastagi adalah sebuah kota wisata di Tanah Karo yang berjarak lebih kurang 77 km dari Medan , dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih dua jam dengan mengendarai kendaraan roda dua atau empat. karena kota ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Kabupaten Karo, maka tidak sulit mencari penginapan mulai kelas melati di Desa Semangat Gunung hingga hotel berbintang. Untuki urusan perut jangan kuatir karena restoran dan kedai makanan juga ada di sekitar Berastagi. Dari puncak Gunung Sibayak, Anda akan menikmati pemandangan indah Kota Medan dan Dataran Tinggi Berastagi. Suasana Brastagi yang dingin mirip Bandung dan juga seperti Bogor, dingin dan sejuk.

  • Listing Tidak Ditemukan

    Maaf, listing yang Anda cari tidak ditemukan. Harap ulangi pencarian dengan kriteria yang berbeda.

    Gagal Memuat Peta Google

    Maaf, API Peta Google gagal dimuat.

  • Tulis Ulasan:

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *