Jembatan Tano Ponggol

  • tano-ponggol3
  • tano-ponggol-1972
  • tano-ponggol2
  • tano-ponggol
  • Gambar-Jembatan-Tano-ponggol-602x330
  • Gambar-konsep-jembatan-tano-ponggol
  • Jembatan-Tano-Ponggol-4
  • Jembatan-Tano-Ponggol-3
  • Jembatan-Tano-Ponggol
  • Jembatan-Tano-Ponggol-5

Tempat Kategori: FeatureTempat Tag: Jembatan, Sejarah, dan Transportasi

Profil
Profil
Foto-foto
Peta
Ulasan
Listing Terkait
  • Jembatan Tano Ponggol memiliki keistimewaan karena jembatan ini yang menjadi penghubung Pulau Sumatera dengan Pulau Samosir di Danau Toba lewat perjalanan darat . Jembatan Tano ponggol  merupakan akses satu-satunya menuju Samosir yang bisa Anda lewati dengan menggunakan mobil langsung lewat darat tanpa perlu melakukan penyeberangan dengan kapal ferry. Khususnya bagi Anda yang membawa kenderaan sendiri untuk berwisata ke Samosir bisa melewati jembatan ini.

     

    Selain merupakan satu-satunya akses darat menuju Pulau Samosir, jembatan ini memiliki sejarah juga karena dibangunnya jembatan ini karena dibuatnya kanal oleh Belanda pada tahun 1913. Pembuatan kanal ini yang membuat daratan Samosir terpisah dari daratan Sumatera sehingga Samosir bisa dikatakan menjadi pulau. Kanal ini tujuan awalnya agar perahu bisa melintas lebih cepat dibanding mengitari daratan Samosir yang merupakan bentuk tanjung di Danau Toba.

     

    Karena itulah jembatan Tano Ponggol ini menjadi menarik untuk dikunjungi dan juga lokasinya berdekatan dengan obyek wisata lain di daerah Pangururan. Dari Jembatan Tano Ponggol Anda bisa menuju permandian air panas alami Aek Rangat yang jaraknya tidak terlalu jauh. Selain itu Anda juga bisa meuju ke obyek wisata Pusuk Buhit yang dipercaya menjadi tempat asal orang Batak.

     

    Saat akan menuju jembatan Tano Ponggol Anda akan melewati menara pandang Tele atau yang sering dikenal sebagai Panatapan Tele dimana disini terdapat menara pandang untuk menikmati pemandangan Danau Toba yang sangat menakjubkan. Dari sana Anda juga bisa menuju Air terjun Efrata.

     

    Jika sudah melintasi jembatan Tano Ponggo Anda akan tiba di kota Pangururan yang merupakan ibu kota Kabupaten Samosir dan dari sana Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju arah Tomok dan akan melewati beberapa tempat wisata lain seperti Pantai Pasir Putih Parbaba, Museum Batak SImanindo, obyek wisata Kursi Batu di Ambarita dan desa Tuktuk dimana banyak terdapat hotel yang bisa Anda pilih untuk tempat menginap di Pulau Samosir.

     

    Saat ini pemerintah sedang melakukan pengembangan kawasan jembatan tano Ponggol dengan melakukan pelebaran dan memperdalam kanal sehingga nantinya bisa dilewati kapal wisata yang lebih besar, sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan Danau Toba dengan berlayar naik kapal dan berkeliling penuh. Selain uttuk menunjang pariwisata maka arus transportasi lewat jalur air juga bisa berkembang dengan baik. Akan dibangun juga sebuah jembatan baru melewati tano ponggol yang nantinya menjadi ikon wisata baru di Samosir yang bisa meningkatkan fasilitas wisata di daerah ini.

  • Listing Tidak Ditemukan

    Maaf, listing yang Anda cari tidak ditemukan. Harap ulangi pencarian dengan kriteria yang berbeda.

    Gagal Memuat Peta Google

    Maaf, API Peta Google gagal dimuat.

  • Tulis Ulasan:

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *