Profil
Profil
Foto-foto
Peta
Ulasan
Listing Terkait
  • Kawah Putih Tinggi Raja adalah sebuah obyek wisata yang berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Obyek wisata ini sangat menarik karena terlihat seperti salju tetapi dengan suhu yang panas, sehingga sering juga sebagai salju panas. Obyek wisata ini berada dalam sebuah kawasan cagar alam yang luasnya hampir dua ratus hektar. Seperti namanya, di tengah hutan ini terdapat sebuah perbukitan kapur berwarna pitih dengan sebuah kawah sdengan luas beberapa hektar yang dialiri air panas. Warnanya yang putih terlihat seperti salju, itu sebabnya tempat ini disebut sebagai bukit salju panas.

    Bukit-bukit kapur berbentuk bukit-bukit kecil mengeluarkan air panas yang suhunya lumayan tinggi mengalir pada batuan yang berundak-undak. Aliran air tersebut menganduk zat yang membentuk endapan pada batuan sehingga berwarna putih dan terlihat seperti salju. Pemandangan ini memberi panorama yang sangat indah, jika Anda berdiri disana terasa bak berada di kawasan salju tetapi dihiasi dengan upa air panas. Pemandangan seperti ini sangat unik dan jarang ditemukan ditempat lain. Aliran air panas melalui celah-celah hutan membentuk suatu danau dengan air berwarna biru kehijauan terlihat sangat menakjubkan. Aliran air panas ini mengandung belerang yang dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Namun pengunjung tidak diperbolehkan mandi di kolam ini karena suhunya terlalu tinggi.

    Konon di Kawah Putih Tinggi Raja, kawah air panasnya bisa bergerak dan berpindah karena sumber air panasnya bisa berpindah-pindah. Selain pemandangan kawahnya yang indah, tebing kawahnya yang unik juga menarik untuk dilihat dan dinikmati, tebing ini terletak sebelum lokasi kawah. Terdapat sebuah kawah yang dikenal dengan sebutan kawah lingkaran letaknya sebelum tempat parkiran. Konon kawah ini memiliki kedalaman lebih dari 50 meter dengan suhu leboh dari 700 derajat Celcius. Juga terdapat sebuah aliran sungai yang bisa menjadi tempat pengunjung menikmati aktivitas air seperti berenang. Aliran airnya di sungai ini sangat sejuk karena mengair dari sebuah air terjun yang ada di sana.

    Untuk mencapai lokasi bisa dilakukan dengan kenderaan roda empar atau kenderaan roda dua, jika dari Medan jarak yang ditempuh sekitar 90 km yang dapat ditempuh dalam waktu 3 jam. Dari kota Medan perjalanan melalui Lubuk Pakam, lanjut ke arah Galang lalu Dolok Tinggi Raja. Perjalanan dari medan hingga ke Galang akan melalui jalan aspal yang cukup baik, namun 10 km terakhir jalan yang dilalui kondisinya kurang begitu bagus. Saat menuju kesana sudah ada papan petunjuk menuju lokasi obyek wisata tersebut saat Anda melintasi simpang Bangun Purba.

    Untuk masuk ke lokasi obyek Kawah Putih Tinggi Raja saat ini tidak dipatok harga tiket, cukup Anda membayar biaya parkir saja sebesar lima ribu rupiah. Fasilitas yang ada disana bagi anda yang merasa lapar bisa membeli makanan di warung yang menjual makanan ada disana.

  • Listing Tidak Ditemukan

    Maaf, listing yang Anda cari tidak ditemukan. Harap ulangi pencarian dengan kriteria yang berbeda.

    Gagal Memuat Peta Google

    Maaf, API Peta Google gagal dimuat.

  • Tulis Ulasan:

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *