Profil
Profil
Foto-foto
Peta
Ulasan
Listing Terkait
  • Keeksotisan Nias terkenal dengan berjejernya pantai cantik yang ada di pulau ini yang sudah tersebar ke seantero dunia. Namun selain keindahan pantai dengan ombaknya yang bagus untuk kegiatan selancar Nias juga menyimpan kekayaan budaya yang bisa Anda kunjungi.

     

    Jika memilih kawasan ini sebagai tempat berlibur, jangan lupa berjelajah ke daerah Gomo yang tidak terlalu jauh letaknya dari Bandara Binaka, Nias. Di sebuah desa yang bernama Orahili, Anda bisa menjumpai jejak peninggalan zaman megalitikum yang akan membuat Anda terperangah.

     

    Untuk menuju lokasi di kawasan ini agak sulit dijangkau, namun Anda tidak akan kecewa begitu sampai di tempatnya. Di Desa Orahili, terdapat beragam peninggalan patung batu yang diperkirakan berasal dari zaman Neolitikum, yakni sekitar 1.500 sebelum Masehi. Ternyata Nias merupakan wilayah megalitikum tertua di Indonesia karena Desa Orahili – Gomo telah ada semenjak 1000 – 1500 tahun sebelum masehi (SM) tepatnya saat neolithicum (zaman batu muda).

     

    Desa ini berada di kawasan teluk dalam Nias, berdekatan dengan destinasi wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan seperti pantai lagundri dan desa Bawomataluo.Di suatu pulau kecil di tengah samudera Hindia yang luas ada jejak budaya megalit yang masih hidup sampai saat ini. Nias, tepatnya di desa Orahili di Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan. Posisinya berada di daerah perbukitan dekat dengan lembah sungai Gomo yang cukup datar dan lebar. Pada catatan perjalanan sejarah, kondisi geografis seperti inilah yang menjadi alasan daerah ini di pilih oleh nenek moyang suku bangsa Nias sebagai lokasi yang cocok untuk mendirikan suatu perkampungan adat

     

    Patung yang didapati disana beraneka bentuk dan rupa, Anda yang berbentuk menhir, manusia, batu datar ataupun tugu batu tegak, jajaran batu pipih bundar sepert meja, yang berjajar, tiang-tiang batu. Saat berada di tempat ini, Anda akan serasa seperti sedang berada di kawasan megalit suku Maya!

     

    Secara umum di Nias selatan Peninggalan megalit di daerah ni memiliki berbagai macam bentuk. Diantaranya batu tegak, batu datar, meja batu, batu tegak segi empat pipih, batu tegak segi empat balok, batu bulat berlumpang dua patung manusia dan naga. Salah satu bentuk peninggalan yang terpenting adalah sekumpulan besar batu menhir, dolmen, sakrofagus, dan lainnya.  Arca-arca batu berusia ratusan tahun bisa dijumpai di halaman-halaman rumah penduduk. Pada masanya benda-benda ini dipercaya dapat melindungi masyarakat dari berbagai macam bahaya dan malapetaka. Serta menjadi lokasi upacara religi dengan tujuan menghormati arwah nenek moyang mereka.
  • Listing Tidak Ditemukan

    Maaf, listing yang Anda cari tidak ditemukan. Harap ulangi pencarian dengan kriteria yang berbeda.

    Gagal Memuat Peta Google

    Maaf, API Peta Google gagal dimuat.

  • Tulis Ulasan:

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *