Kabupaten Toba Samosir sebagai salah satu kawasan wisata di Danau Toba memiliki cemilan khas yang disebut dengan tipa-tipa. Hampir tiap daerah di seluruh Indonesia  memiliki makanan khas yang dijadikan oleh- oleh yang bisa dibawa jika berkunjung ke daerah tersebut. Selain Kabupaten Toba Samosir daerah lain disekitar Danau Toba juga memiliki makanan khas masing-masing seperti Tarutung dikenal dengan kacang sihobuk dan Siborong-borong dikenal dengan ombus-ombusnya, dan daerah lainnya juga memiliki makanan khas.

Mendengar namanya terasa asing ya, memang cemilan ini hanya ada di daerah Toba Samosir. Tipa-tipa merupakan cemilan yang terbuat dari padi muda dan hanya ditemukan di daerah Toba Samosir. Dari bahan baku padi yang masih muda yang begitu dipanen padi tersebut direndam lebih kurang selama dua malam. Setelah melewati perendaman dua malam itu, ditiriskan kemudian padi tersebut digongseng hingga mencapai tingkat kematangan tertentu. Dalam keadaan masih panas padi yang sudah digongseng tersebut ditumbuk. Makanya dinamakan tipa-tipa karena arti tipa-tipa adalah ditumbuk berulang kali yang menggambarkan proses pembuatan cemilan ini. Setelah ditumbuk maka dilakukan pembersihan beras dari kulitnya dengan cara ditampi, setelah dibersihkan tipa-tipa siap disantap.

Bagaimana cara menikmati tipa-tipa ini? Tipa-tipa dijadikan sebagai cemilan dan biasanya dimakan dengan campuran kelapa parut dan ditambahkan sedikit gula atau garam sesuai dengan selera masing-masing. Aroma tipa-tipa ini sangat khas dan terasa pada saat dimakan. Namun bagi yang belum biasa akan terasa aneh pada saat memakannya, sebab saat dimakan gigi dan rahang kita akan terasa gemetar dan keram karena harus mengunyah tipa-tipa dengan kekuatan ektra karena teksturnya masih hampir seperti beras yang belum dimasak.

Bagi yang baru pertama memakannya akan terasa aneh saat memakan tipa-tipa, namun jika sudah mulai maka akan penasaran dan semakin nikmat rasanya dengan wanginya yang khas. Tipa-tipa ini sering dicari dan dibeli orang yang sedang berkunjung ke daerah Toba Samosir dan dibawa sebagai oleh-oleh dari sana. Untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya di daerah Silimbat dan Porsea, di sekitar tempat tersebut banyak yang menjual makanan khas ini. Makanan khas ini semakin ramai peminatnya.

Karena sudah semakin diminati saat ini semakin banyak yang memproduksi makanan ini seperti Kelompk UPPKS Tipang dari Kecamatan Uluan dan UPPKS Sauduran Desa Paindoan Kecamatan Balige. Cemilan ini akan semakin banyak dicari pengunjung khususnya jika ada acara khusus seperti Festival Danau Toba yang diadakan setiap tahun.

Mau mencoba tipa-tipa yang menjadi cemilan khas daerah Toba Samosir ini, silahkan berburu ke daerah asalnya karena Anda tidak akan menjumpainya di daerah lain.