Tarutung memiliki destinasi wisata rohani yakni obyek wisata agama Salib Kasih Tarutung yang terletak di Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapabuli Utara Provinsi Sumatera Utara. Salib Kasih Tarutung ini menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi baik wisatawan domestik maupun internasional terutama pada saat-saat liburan dan hari-hari besar keagamaan khususnya agama Kristen.

Bangunan Salib Kasih ini mulai dibangun pada tahun 1993/1994 dengan tinggi bagunan Salib mencapai tiga puluh satu meter. Direncanakan juga akan dibangun patung Tuhan Yesus setinggi empat puluh tiga meter di seberang lokasi Salib Kasih.

Untuk mencapai lokasi Salib Kasih hanya membutuhkan waktu sekitar empat puluh lima menit saja dari kota Tarutung dengan kenderaan bermotor dan kondisi jalan ke lokasi sudah demikian memadai dan baik. Untuk mencapai lokasi bangunan salib dari pintu gerbang Anda harus menaiki tangga yang menjadi jalur jalan menuju lokasi bangunan Salib Kasih, dan selama melangkah mengikuti anak-anak tangga yang menanjak, Anda akan bisa menikmati pemandangan alam yang mempesona. Selain itu Anda bisa melihat berbagai kenang-kenangan yang dibuat oleh para pengunjung sebelumnya yang datang ke tempat ini. Bentuknya berupa beragam prasasti dari para pengunjung yang pernah kesini.

Lokasi wisata iman ini dibangun sebagai penghormatan dan penghargaan atas jasa- jasa missionaris agama Kristen asal Jerman, DR.Ingwer Ludwig Nommensen. Lokasi dimana Salib Kasih dibangun adalah merupakan tempat beristirahat saat misionaris Nommensen setelah sampai di Rura Silindung pada 11 Nopember 1863. Dari atas bukit Siatas Barita, DR.Ingwer Ludwig Nommensen berdiri memandang ke arah Rura Silindung di bawahnya dan merasa takjub akan keindahan panorama Tano Batak. Di sinilah beliau mengawali babak kehidupan baru bagi orang-orang Batak yang belum mengenal agama Kristen. Nommensen wafat 23 Mei 1918 dan dimakamkan di desa Sigumpar sekitar 60 km utara Tarutung.

Pada waktu-waktu tertentu masyarakat Batak dan turis asing melakukan ibadah terbuka di tempat ini, Fasilitas yang disediakan bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melakukan acara ibadah di tengah semilir angin gunung yang sejuk. Pemandangan alam dari lokasi ini juga sangat indah apalagi jika mata memandang ke arah lembah Rura Silindung dimana kota Tarutung berada di tengah-tengahnya. Setelah menikmati pemandangan alam di atas, Anda bisa turun kembali ke arah gerbang masuk, dan sebelum meninggalkan tempat ini, Anda bisa membeli souvenir yang bisa didapatkan di kios-kios souvenir yang tersedia di antara gerbang masuk dan lapangan parkir kenderaan.

Setelah menikmati keindahan alam di tempat wisata iman Anda bisa mengunjungi tempat wisata lain di kawasan Tarutung, seperti pemandian air panas, pemandian air soda atau berkeliling kota Tarutung.

 

Lihat Lokasi Salib Kasih disini!